Peringati Hari Buruh, Massa Unjuk Rasa di Bundaran Majestik Medan

Stepanus Purba · Sabtu, 01 Mei 2021 - 19:36:00 WIB
Peringati Hari Buruh, Massa Unjuk Rasa di Bundaran Majestik Medan
Buruh saat menggelar aksi unjuk rasa di Bundaran Majestik, Jalan Gatot Subroto, Kota Medan, Sabtu (1/5/2021). (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Puluhan massa yang terdiri dari elemen buruh, mahasiswa, penggiat Hak Asasi Manusia (HAM), dan masyarakat sipil memperingati Hari Buruh, Sabtu (1/5/2021) di Bundaran Majestik, Jalan Gatot Subroto, Kota Medan. Aksi tersebut sempat berlangsung panas pasalnya pihak kepolisian berusaha membubarkan massa karena tidak mengantongi izin aksi. 

Pimpinan aksi, Martin Luis mengecam tindakan kepolisian yang menghalangi massa buruh yang berupaya menyampaikan aspirasi. Langkah petugas dinilai salah bentuk pengabaian terhadap demokrasi di Indonesia. 

"Ini adalah bentuk penghalang-halangan masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya. Ini merupakan bentuk pengabaian terhadap demokrasi," kata pimpinan aksi Martin Luiz dalam orasinya, Sabtu (1/5/2021).

Martin menegaskan hari buruh harus dijadikan sebuah momentum relfeksi terkait kondisi buruh saat ini. Sebab, hingga saat ini, kondisi buruh di Indonesia masih belum sejahtera. 

"Hak buruh sampai saat ini masih banyak yang dikhianati. Pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibuslaw adalah bentuk tidak berpihaknya negara kepada masyarakat khususnya buruh," kata Martin.

Keberadaan Omnibus dinilai membuat buruh saat ini sulit mendapatkan pendampingan hukum. 

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2