Physical Distancing, Tempat Duduk Peserta Rapat Covid-19 Diberi Jarak 1 Meter

Sindonews, Ricky Fernando Hutapea · Kamis, 26 Maret 2020 - 20:28 WIB
Physical Distancing, Tempat Duduk Peserta Rapat Covid-19 Diberi Jarak 1 Meter
Peserta rapat kordinasi penanggulangan dan pencegahan Covid 19 kabupaten Simalungun dipimpin Bupati JR Saragih duduk berjarak 1 meter. (Foto: SINDOnews/Ist)

SIMALUNGUN, iNews.id - Bupati Simalungun JR Saragih menerapkan aturan physical distancing saat memimpin rapat percepatan pencegahan penanganan Covid-19 di Hotel Pamatang Raya, Kamis (26/03/2020). Dalam rapat ini, tempat duduk antarpeserta diberi jarak satu meter.

Rapat koordinasi ini dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Simalungun. Di antaranya Dandim 0207 Letkol (Inf) Frans K Panjaitan, Sekda Mixnon Andreas Simamora, Kapolres AKBP Heribertus Ompusunggu dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Mereka membahas langkah-langkah penanganan dan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Bupati JR Saragih mengatakan, masalah virus corona bukan hanya urusan pemerintah daerah semata. Dia mengajak semua pihak jangan menganggap remeh dan bersama-sama melakukan pencegahan.

"Kabupaten Simalungun memang belum ada yang status positif Covid-19. Namun mari kita sama-sama mencegah sekaligus menangani penyebarannya," ujar JR Saragih, Kamis (26/3/2020).

Secara khusus, bupati meminta lurah,nkepala desa dan camat berkoordinasi dengan TNI/Polri (Koramil dan Polsek) dalam memantau pendatang dari luar daerah atau luar negeri. Seperti mahasiswa maupun tenaga kerja Indonesia (TKI) agar mudah dipantau.

"Jangan sampai lurah, kades dan camat tidak tahu ada warganya yang baru datang dari luar daerah atau luar negeri. Harus dipantau dengan baik sehingga tidak kebobolan," kata JR.

Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, menambahkan, situasi saat ini mencemaskan masyarakat dan pemerintah. Karena itu, Pemkab Simalungun perlu mengambil langka yang cepat untuk mengatasi penyebaran Covid-19.

“Kami dari DPRD sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan Pemkab Simalungun untuk pencegahan dan penanganan Covid 19,” ujar Timbul.


Editor : Donald Karouw