Pilu, Orang Utan Ditangkap Warga di Karo Akhirnya Mati usai Dirawat, Ada Retakan Tulang

Antara · Rabu, 25 Januari 2023 - 08:03:00 WIB
Pilu, Orang Utan Ditangkap Warga di Karo Akhirnya Mati usai Dirawat, Ada Retakan Tulang
Pilu, Orang Utan Ditangkap Warga di Karo Akhirnya Mati usai Dirawat, Ada Retakan Tulang (Foto: Dok Polres Tanah Karo)

MEDAN, iNews.id - Orang utan yang sempat viral ditangkap warga karena masuk ke ladang di Desa Kuta Pengkih, Kecamatan Mardinding, Kabupaten Karo, akhirnya mati. Petugas menemukan adanya retakan tulang dan bekas penganiayaan di tubuh orang utan tersebut.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara (Sumut) kini melakukan investigasi terkait matinya orang utan Sumatera (Pongo abelii) tersebut.

"Terkait adanya kekerasan fisik dan temuan luka pada orang utan, BBKSDA Sumut telah menerbitkan surat perintah untuk melakukan investigasi terhadap kasus tersebut," kata Kepala BBKSDA Sumut, Rudianto Saragih Napitu, Selasa (24/1/2023).

Rudianto mengimbau kepada masyarakat jika menemukan adanya satwa liar orang utan Sumatera berada di lokasi kebun milik warga agar tidak melakukan atau menghindari perbuatan maupun tindakan yang dapat melukai dan bahkan mengancam nyawa dari satwa liar tersebut.

"Karena satwa ini termasuk jenis satwa yang dilindungi undang-undang sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 dan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM/1/12/2018 Tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Yang Dilindungi," katanya.

Rudianto menyebutkan, BBKSDA Sumut, YEL-SOCP dan YOSL-OIC mengevakuasi orang utan dari Desa Kuta Pengkih, Kecamatan Mardinding, Kabupaten Karo, Sabtu (21/1/2023). Berdasarkan keterangan di lapangan, orang utan sudah dipindahkan dari Kuta Pengkih ke Puskesmas Kuta Kendit. Di lokasi tim bertemu dengan Kepala Satuan (Kasat) Intel Polsek Mardinding dan Kepala Desa Kuta Pengkih.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: