PIMNAS ke-34 Digelar di USU, 3.126 Mahasiswa dari 108 Perguruan Tinggi Siap Bertanding

Wahyudi Aulia Siregar · Rabu, 27 Oktober 2021 - 09:56:00 WIB
PIMNAS ke-34 Digelar di USU, 3.126 Mahasiswa dari 108 Perguruan Tinggi Siap Bertanding
PIMNAS ke-34 digelar di USU. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 digelar di Universitas Sumatera Utara (USU) mulai hari ini, Rabu (27/10/2021) hingga Kamis (28/10/2021). Sebanyak 3.126 mahasiswa yang tergabung dalam 735 tim dari 108 perguruan tinggi se-Indonesia siap bertanding untuk memperebutkan sejumlah nomor perlombaan. 

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi, mengatakan ajang PIMNAS merupakan suatu ajang perlombaan untuk menemukan mahasiswa-mahasiswa berprestasi dengan inovasi-inovasi ilmiah.

“PIMNAS ini merupakan salah satu agenda dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di bawah lembaga yang namanya Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Pada tahun ini, kami sudah menggelar 18 perlombaan mulai dari tingkat sekolah dasar sampai mahasiswa, PIMNAS ini salah satu yang terbesar,” ujar Asep, Selasa (26/10/2021).

Asep mengatakan program perlombaan mulai dari tingkat SD sampai mahasiswa merupakan katalis untuk menjaga semangat belajar anak-anak Indonesia. Karenanya, meski di masa pandemi, program perlombaan ini tetap dijalakan dengan mekanisme hybrid.

“Kami mengapresiasi penuh pihak USU yang menjadi tuan rumah dengan berupaya semaksimal mungkin melaksanakan acara PIMNAS dan semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar sampai nanti penutupan,” ujarnya.

Asep menegaskan saat ini pihaknya merancang skema database dan pemetaan dari para peserta PIMNAS untuk kemudian mereka yang berhasil menjadi juara karyanya akan diakurasi dan ditindaklanjuti untuk proses hilirisasi.

“Puspresnas terus berkoordinasi dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) untuk mendukung riset dan inovasi dari siswa dan mahasiswa yang berhasil menjuarai ajang perlombaan dari Puspresnas,” katanya.

Dalam pemetaan yang dilakukan, Asep menjelaskan, pihaknya telah membagi ajang perlombaan dalam empat kluster. Kluster pertama adalah sains dan teknologi, kluster kedua seni dan budaya, kluster ketiga vokasi dan manajemen serta kluster keempat kluster olahraga.

Editor : Stepanus Purba_block

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: