Polisi Amankan Kayu Sitaan Warga Diduga Hasil Ilegal Logging di Kutarayat Karo

Stepanus Purba ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 12:10 WIB
Polisi Amankan Kayu Sitaan Warga Diduga Hasil Ilegal Logging di Kutarayat Karo
Kayu diduga hasil ilegal logging yang disita warga Desa Kutarayat, Karo. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id – Polsek Simpang 4 merespons tindakan warga menghadang dan menyita dua truk pengangkut kayu yang diduga membawa hasil ilegal logging di Desa Kutarayat, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sejumlah personel langsung turun ke lokasi untuk pengamanan atas kayu sitaan tersebut.

"Saat ini anggota kami sudah di lokasi untuk pengamanan di sekitar TKP," ujar Kapolsek Simpang 4 AKP Dedi Ginting, Jumat (17/1/2020).

Saat ditanya langkah yang dilakukan polisi, Dedi mengungkapkan jika sudah berkoordinasi dengan Polres Karo untuk penanganan lebih lanjut.

"Tim dari unit Tipiter Polres Karo sudah menuju ke lokasi. Nanti langsung sama mereka," katanya.

BACA JUGA: Ratusan Warga Kutarayat Karo Hadang 2 Truk Diduga Bawa Kayu Hasil Ilegal Logging

Sementara menyangkut keinginan warga dengan melibatkan Dinas Kehutanan Provinsi Sumut dan Kementerian Kehutanan untuk penyitaan barang bukti, Dedi menyebut jika untuk hal tersebut bagian dari kewenangan Polri.

"Kami di sini hanya pengamanan diawal saja karena sudah meresahkan masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, dua truk pengangkut kayu ini dihentikan warga dan karang taruna saat melintas di permukiman warga Desa Kutarayat dalam perjalanan menuju Kabanjahe.  Warga menduga kayu ini hasil pembalakan liar dari hutan lindung di kawasan kaki Gunung Sinabung. 


Editor : Donald Karouw