Ratusan Warga Kutarayat Karo Hadang 2 Truk Diduga Bawa Kayu Hasil Ilegal Logging

Stepanus Purba ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 11:49 WIB
Ratusan Warga Kutarayat Karo Hadang 2 Truk Diduga Bawa Kayu Hasil Ilegal Logging
Kayu diduga hasil ilegal logging yang disita warga Desa Kutarayat, Karo. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Ratusan warga menghadang dua truk pengangkut kayu diduga hasil ilegal logging di Desa Kutarayat, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (16/1/2020) pukul 23.30 WIB. Kedua truk tersebut diberhentikan saat melintas di permukiman warga dalam perjalanan menuju kabanjahe.

Perwakilan warga Indra Ginting mengatakan, truk ini dihentikan warga karena mengangkut kayu yang diduga hasil ilegal logging dari hutan lindung di kawasan kaki Gunung Sinabung.

"Kami amankan bersama karang taruna dua truk yang membawa kayu dari arah Langkat menuju kabanjahe," ujarnya saat dihubungi iNews.id, Jumat (17/1/2020).

BACA JUGA: Polisi Tangkap Penganiaya dan Pemeras Sopir Truk Kayu di Sicanang Belawan

Menurutnya, warga selama ini resah dengan adanya aktivitas pembalakan. Di mana kayu-kayu tersebut diduga hasil penebangan hutan secara liar.

"Setiap hari ada truk pembawa kayu yang melintas. Keberadaan mereka sangat meresahkan sehingga kami putuskan bersama warga untuk menghentikannya," kata Indra.

Kendati demikian, mereka tidak menahan truk maupun supirnya untuk menghindari menjadi sasaran amuk warga. Hanya kayu yang diturunkan dan ditempatkan di halaman Kantor Kepala Desa Kutarayat.

Indra mengaku sudah ada anggota Polsek Simpang 4 yang datang ke lokasi untuk mengecek kayu-kayu sitaan tersebut. Namun warga menunggu Dinas Kehutanan provinsi dan Kementerian Kehutanan agar dilibatkan dalam penyitaan.

"Kami minta perhatian dari seluruh pihak, khususnya Kementerian Kehutanan. Karena ini merupakan kawasan hutan lindung yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional gunung Leuser," ujar Indra.


Editor : Donald Karouw