Polisi Identifikasi 2 Pelaku Skimming Nasabah Bank Sumut, Terekam Pasang Alat di Mesin ATM

Wahyudi Aulia Siregar ยท Rabu, 31 Agustus 2022 - 09:07:00 WIB
Polisi Identifikasi 2 Pelaku Skimming Nasabah Bank Sumut, Terekam Pasang Alat di Mesin ATM
Ilustrasi skimming (Foto: Pixabay)

MEDAN, iNews.id - Polisi masih menyelidiki kasus skimming puluhan nasabah Bank Sumut dengan kerugian mencapai miliaran rupiah. Saat ini dua orang yang diduga terlibat pencurian data nasabah sedang diidentifikasi.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi, mengatakan dari hasil penyelidikan mereka pelaku pencurian dana nasabah itu berjumlah dua orang. Kedua tertangkap kamera pengawas CCTV saat memasang alat penangkap data (skimmer) di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Sumut di salah satu pasar swalayan di Jalan Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan. 

"Pemasangan alat skimmer itu diperkirakan tanggal 7 Juni 2022 sekitar pukul 04.00 pagi. Pelakunya 2 orang. Mesin yang dipasang itu berfungsi menyalin data strip magnetik dari kartu ATM untuk kemudian dibuatkan ATM baru untuk melakukan penarikan uang nasabah," kata Hadi, Selasa (30/8/2022). 

Dia mengatakan, dari rekaman video CCTV, kedua orang tersebut memasang alat skimmer di dalam mesin ATM, untuk melakukan pencurian data dengan menyalin atau menduplikasi data strip magnetik di kartu ATM atau kredit.

Hadi lebih lanjut mengatakan, dari penyelidikan mereka juga diketahui jika antara tanggal 7 Juni hingga 4 Juli 2022, kedua pelaku sudah berhasil menguras sana sebanyak Rp5,5 miliar dari sekira 239 orang nasabah Bank Sumut. 

"Kerugian dari 239 nasabah tersebut sudah dibayarkan oleh Bank Sumut," ucapnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: