Polisi Tangkap Pelaku Penggelapan Sepeda Motor di Serdangbedagai

Stepanus Purba ยท Senin, 22 Juni 2020 - 10:54:00 WIB
Polisi Tangkap Pelaku Penggelapan Sepeda Motor di Serdangbedagai
Pelaku Candra (31) saat diamankan di Polsek Perbaungan. (Foto: istimewa)

SERDANGBEDAGAI, iNews.id- Personel Unit Reskrim Polsek Perbaungan menangkap Candra (31) warga Dusun I, Desa Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan, Serdangbedagai, Jumat (19/6/2020). Candra ditangkap karena menggelapkan sepeda motor milik Pitaria Simanjuntak (44) sejak bulan April lalu.

Kapolres Serdangbedagai, AKBP Robinson Simatupang mengatakan penangkapan pelaku berawal dari laporan Pitaria ke Polsek Perbaungan pada 16 April 2020 lalu. Pitaria melaporkan sepeda motor miliknya dibawa kabur oleh Candra.

"Sebelumnya pelaku meminjam sepeda motor korban dengan alasan hendak mengantarkan kerabatnya yang tengah sakit," kata Robinson, Senin (22/6/2020).

Karena merasa iba, pelaku kemudia memberikan sepeda motornya untuk dipakai pelaku mengantarkan kerabatnya yang sakit. Namun sepedea motor tersebut tidak kunjung dikembalikan hingga keesokan harinya.

Merasa curiga, korban kemudian mendatangi rumah orang tua pelaku untuk menanyakan keberadaannya. Namun orang tua pelaku hanya mengatakan akan menyampaikan kepada akan meminta pelaku mengembalikan sepeda motor jika sudah pulang.

"Merasa ditipu, korban kemudian melapor ke Polsek Perbaungan," kata Robinson.

Setelah mendapatkan laporan, petugas kemudian menyelidiki keberadaan pelaku. Pada Jumat (19/6/2020), petugas yang mendapatkan informasi terkait keberadaan pelaku kemudian menangkapnya sekitar jam 02.30 WIB.

"Saat diperiksa, pelaku mengaku sepda motor tersebut telah digadaikan kepada seorang rekannya di Tanjungmorawa, Deliserdang," kata Robinson.

Selain mengamankan tersangka, petugas juga memyita barang bukti satu lembar STNK Honda Beat dengan nomor polisi BK 3515 dan satu kunci sepeda motor.

"Kepada pelaku kita kenakan pasal 372 atau pasal 378 dari KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara,”ucapnya.


Editor : Stepanus Purba