Polisi Tembak Mati Begal Bersenjata Tajam di Medan

Stepanus Purba ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 15:03 WIB
Polisi Tembak Mati Begal Bersenjata Tajam di Medan
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin saat pimpin gelar perkara kasus begal di wilayah Polres Pelabuhan Belawan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Anggota Polres Pelabuhan Belawan menembak mati seorang pelaku begal motor. Tindakan tegas dan terukur ini terpaksa dilakukan lantaran pelaku berinisial A coba menyerang petugas dengan celurit saat penangkapan.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan, A merupakan pelaku pembegalan di Jalan Raya Pelabuhan Belawan Simpang Selebes Belawan II pada 30 Oktober 2019. Selama ini pelaku buron dan dikejar petugas.

"Modus tersangka bersama rekannya dengan cara berpura-pura minta tolong karena menjadi korban kecelakaan dengan menghadang laju kendaraan korban," ujar Martuani, didampingi Kapolres Belawan AKBP MR Dayan Senin (13/1/2020).

BACA JUGA: Aksi Begal Sadis Teror Warga Medan, Begini Imbauan Polisi

Saat korban menghentikan motor dan berniat untuk menolong. Para pelaku justru mengancam korban dengan menggunakan pisau.

"Dalam kejadian itu, korban kehilangan satu unit motor dan tas berisi ponsel serta uang Rp10 juta," katanya.

Kapolda mengungkapkan, sejak kasus tersebut dilaporkan, petugas langsung melakukan penyelidikan. Hasilnya, pelaku ditangkap di seputaran rumahnya, Jalan Amal Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan.

Namun saat petugas membawanya untuk pengembangan. Pelaku yang disuruh menunjukkan lokasi rekan-rekannya, justru mengambil parang dan menyerang petugas. Karena melawan, pelaku ditembak.

Hasil penyelidikan, diketahui pelaku A terlibat dalam sejumlah kasus perampokan dengan kekerasan.

"Ada empat laporan polisi dan semua kejadiannya di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan," katanya.


Editor : Donald Karouw