Posting ‘Tujuan Tersembunyi Reuni 212’ di Medsos, Kapolres Binjai Minta Maaf 

Stepanus Purba · Rabu, 27 November 2019 - 22:01 WIB
Posting ‘Tujuan Tersembunyi Reuni 212’ di Medsos, Kapolres Binjai Minta Maaf 
Kapolres Binjai AKBP Tri Nugroho sata bersilaturahmi dengan para ulama dan tokoh masyarakat. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id - Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto meminta maaf kepada masyarakat atas keteledoran anggotanya yang memosting konten ‘Tujuan Tersembunyi Reuni 212’ di akun Instagram Tribrataresbinjai.

“Saya sebagai Kapolres Binjai atas nama anggota saya dan seluruh kesatuan Polres minta maaf, karena  sudah terjadi keteledoran anggota saya dalam memposting hal hal yang sifatnya sensitif untuk agama," ujar Tri Nugroho saat silaturahim dengan tokoh agama di Binjai, Rabu (27/11/2019).

Menurut Nugroho, pihaknya sama sekali tidak memliki niat untuk menggunggah konten tersebut. Nugroho mengungkapkan bahwa kejadian tersebut murni kelalaian anggotanya yang yang menyebarkan hasil postingan tanpa sepengetahuan atasannya.

“Awal kejadianya, kemarin ( Sabtu (24/11) anggota saya, istilahnya PHL (pekerja honorer ) di bidang Humas, melihat berita berita di internet di situ dia langsung share (postingan itu), tanpa mengkonfirmasi ke Kasubag Humas atau ke saya," ujar Nugroho.

Setelah postingan itu, Nugroho sadar bahwa konten yang di-share itu dapat memicu konflik sosial. Karena itu, dirinya berinisiatif bersilaturahmi dengan tokoh agama untuk melakukan tabayyun atau klarifikasi. 

“Alhamdulillah semua sudah terlselesaikan  dengan baik untuk kedepanya, sebagai masukan kepada kita khususnya Polres Binjai jangan sampai berita yang belum tentu benar kita share, jangan sampai jadi berita hoaks atau fitnah," ujar Nugroho. 

Terhadap anggotanya yang lalai , Nugroho berjanji akan memberikanya sanksi tegas. "Ya tentu kita akan berikan sanksi kepadanya," ujar Nugroho.

Ketua Forum Kerukunan  Umat Beragama (FKUB) Binjai Anwar Nasir meminta masyarakat untuk terpancing dengan postingan itu, karena tidak ada unsur kesengajaan dari Polres Binjai.

“Ke depan kita jangan terpancing isu isu yang mungkin belum jelas beritanya, yang terpenting bagi umat Islam perlu adanya tabayun," ujar Anwar.

Anwar Nasir mengungkapkan bahwa Kapolres telah menerangkan secara gamblang duduk perkara postingan, tersebut dan telah meminta maaf secara langsung melalui tokoh agama yang hadir.

"Pertemuan ini membawa hasil yang bagus seluruh ormas Islam yang di Binjai hadir, permintaan maaf disampaikan. Pemberian maaf juga kita terima itu yang kita saksikan hari ini," ujar Anwar.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah ketua ormas di Kota Binjai mulai dari Muhammadiyah, GNPF, FKUB, Pemuda Muslim Indonesia, NU, Alwahsliyah, hingga MUI.

Sebelumnya beredar di media sosial screenshoot unggahan akun Instagram Polres Binjai @Tribrataresbinjai dengan judul 'Tujuan Tersembunyi Reuni 212'. Postingan tersebut mendapat respons yang cukup ramai.


Editor : Kastolani Marzuki