Profil Gubernur Sumatera Utara yang Memiliki Latar Belakang Militer

Fajar Hendra Jaya ยท Senin, 29 Agustus 2022 - 11:27:00 WIB
Profil Gubernur Sumatera Utara yang Memiliki Latar Belakang Militer
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (baju putih) (Foto: Instagram/Edy Rahmayadi)

JAKARTA, iNews.id - Profil Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi ternyata memiliki latar belakang kemiliteran. Edy merupakan purnawirawan TNI AD

Gubernur Sumatera Utara ini lahir di Sabang, pada 10 Maret 1961. Dirangkum dari sejumlah sumber, Edy Rahmayadi merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) angkatan 1985 yang pertama menyandang pangkat bintang tiga.

Dia juga pernah menjadi Panglima Kostrad atau Pangkostrad yang pada saat itu menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang menjadi KSAD pada tahun 2015 silam.

Tak hanya itu, dia memiliki karir yang begitu cemerlang yang lain di dunia kemiliteran. Sebelum menjabat Pangkostrad, dia ditugaskan sebagai Dankipan B Yonif 323 Kostrad dan Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 100 Bukit Barisan, serta pernah juga menjabat menjadi panglima Divisi Infanteri Kostrad pada tahun 2014.

Meski pensiun dari dunia militer, Edy tetap aktif berorganisasi. Dia terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2016-2020 mengalahkan Moeldoko dan Eddy Rumpoko  yang menjadi pesaing terberatnya untuk merebut kursi menjadi orang nomor 1 di PSSI. 

Edy rupanya melenggang ke dunia politik.  Dia maju menjadi Gubernur Sumatera Utara pada tahun 2018, saat pilkada Sumut 2018. Saat itu, dia masih menjabat sebagai ketua umum PSSI saat itu.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: