Ramadan, BI Siapkan Uang Tunai Rp13,5 Triliun untuk Kebutuhan Masyarakat Sumut

Antara ยท Minggu, 26 April 2020 - 11:56 WIB
Ramadan, BI Siapkan Uang Tunai Rp13,5 Triliun untuk Kebutuhan Masyarakat Sumut
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan uang tunai Rp13,5 triliun untuk kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri 2020. Jumlah ini lebih besar dibanding dana yang disiapkan tahun sebelumnya Rp9,8 triliun.

"Dari jumlah yang tersedia saat ini sejumlah Rp13,5 triliun, sebesar Rp4,5 triliun di antaranya UPK (uang pecahan kecil)," ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumut Wiwiek Sisto Widayat di Medan, Sabtu (25/4/2020).

Menurutnya, jumlah uang itu untuk mencukupi kebutuhan masyarakat Sumut hingga Idul Fitri. Uang ini disediakan di khasanah BI untuk antisipasi dan sudah direncanakan sejak awal tahun sebelum pandemi Covid-19.

"Kalau tidak diedarkan saat ini, uang yang tersedia itu masih bisa digunakan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat usai lebaran dan mengganti uang lusuh atau rusak milik masyarakat," katanya.

Wiwiek mengakui, akibat pandemi Covid-19, BI selama Ramadan 2020 tidak menggelar penukaran UPK baru dengan sistem penukaran langsung seperti di Lapangan Benteng Medan, kantor instansi dan pasar tradisional.

"Penukaran UPK dengan layanan mobil kas keliling ditiadakan mencegah kerumunan orang yang bisa menularkan Covid-19," ujarnya.

Kebutuhan UPK masyarakat dipenuhi BI melalui penukaran di kantor-kantor bank seluruh wilayah Sumut.

“BI yakin bank bisa melayani penukaran UPK masyarakat dengan baik karena selama ini perbankan juga melayani penukaran uang tersebut," katanya.


Editor : Donald Karouw