Ratusan Motor dengan Knalpot Blong Kebut-Kebutan di Danau Toba, Warga Terganggu

Dharma Setiawan ยท Minggu, 31 Mei 2020 - 14:16 WIB
Ratusan Motor dengan Knalpot Blong Kebut-Kebutan di Danau Toba, Warga Terganggu
Aksi pemotor dengan knalpot racing dan blong di sekitar Danau Toba, Sumut. (Foto: iNews/Dharma Setiawan)

PEMATANGSIANTAR, iNews.id – Video aksi kebut-kebutan dan atraksi ratusan kendaraan roda dengan knalpot racing dan blong di lokasi wisata Danau Toba viral. Dalam video tersebut, sepeda motor dengan suara bising dipacu sehingga menciptakan kebisingan. Dalam video juga terlihat tidak ada aparat keamanan yang menghalau.

Aksi ratusan pengendara sepeda motor ini terjadi di Open Stage, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut). Mereka berasal dari berbagai daerah dari Sumut dan lolos dari penjagaan petugas pos pengamanan.

Diduga, para pengendara masuk ke lokasi wisata Danau Toba Minggu (31/5/2020) pukul 02.00 dini hari tadi.

Salah satu warga, Siahaan mengatakan, akitivitas pengendara motor ini sangat menganggu ketenangan warga sekitar. Dia juga menyayangkan tidak adanya tindakan dari aparat keamanan.

“Mengganggulah, sayang tak ada aparat. Harusnya diapakan gitu, ditangkapin biar jera,” katanya.

Sementara itu, pantauan di pos pengamanan Simpang Dua Kota Pematangsiantar juga tidak tampak ada petugas. Hal ini yang diduga membuat ratusan sepeda motor bebas masuk menuju kawasan wisata Danau Toba di Simalungun, Sumut.

Sebagai informasi, konvoi ratusan sepeda motor dengan knalpot blong dan racing biasa terjadi seminggu setelah Lebaran. Umumnya, para pengendara motor berasal dari beberapa wilayah di Sumut seperti Serdang Bedagai, Tebing Tinggi dan Medan menuju Danau Toba.

Meski pemerintah melarang warga untuk berwisata pada libur Lebaran, namun kurangnya petugas di pos penjagaan membuat pengendara motor bebas keluar masuk tanpa adanya pemeriksaan.


Editor : Umaya Khusniah