Razia Kafe di Binjai, Personel Gabungan Siarkan Langsung Warga yang Bandel di Medsos

Muhamad Zainal Tanjung · Senin, 04 Mei 2020 - 09:01 WIB
Razia Kafe di Binjai, Personel Gabungan Siarkan Langsung Warga yang Bandel di Medsos
Personel gabungan dari Polres Binjai, TNI Kodim 0203 Binjai, dan Satpol PP saat merazia sejumlah kafe di Kota Binjai, Minggu (3/5/2020) malam. (Foto : iNews/ Muhammad Zainal Tanjung)

BINJAI, iNews.id- Personel gabungan Polres Binjai, TNI dari Kodim 0203, Polisi Militer, dan Satpol Pemko Binjai menggelar razia ke sejumlah kafe di Kota Binjai, Minggu (3/5/2020). Uniknya, proses razia disiarkan secara langsung di media sosial oleh petugas sebagai sanksi sosial warga yang masih nekat keluar rumah di masa pandemi Covid-19.

Kabag Ops Polres Binjai Kompol Ngemat Surbakti mengatakan razia ini merupakan upaya pencegahan Covid-19 di Kota Binjai. Dalam razia ini, petugas tidak hanya menyasar kafe. Sejumlah lokasi yang dijadikan tempat berkumpul warga juga didatangi.

"Semua lokasi tempat berkumpul warga seperti kafe, warung tuak dan sejumlah lokasi hiburan lainnya kita lakukan razia dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Binjai," kata Ngemat, Minggu (3/5/2020).

Dari pantauan iNews, puluhan warga yang nekad nongkrong di luar rumah terjaring oleh petugas gabungan. Dari puluhan warga yang terjaring, sejumlah warga tampak masih membandel menjaga jarak dan tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah.

Selain mengimbau pengunjung untuk segera kembali kerumah masing-masing, petugas juga melakukan siaran langsung melalui media sosial. Siaran langsung melalui media sosial ini diharapkan sebagai bentuk sanksi sosial agar tidak ada lagi masyarakat yang nongkrong di luar rumah di masa pandemi Covid-19.

"Kita masih melakukan imbauan kepada warga yang masih nekad nongkrong di luar rumah. Selain itu, kita juga meminta agar mereka kembali ke rumah masing-masing dan menggunakan masker saat berada di luar rumah," kata Ngemat.

Kepada para pengusaha yang tetap nekad membuka layanan makan di tempat juga diberikan peringatan keras oleh petugas.

"Kepada para pengusaha kita berikan peringatan keras. Kalau masih membandel, kami akan lakukan tindakan tegas sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba