Rumah Merah Muda di Sekitar Lokasi Perakitan Bom Medan Digeledah Tim Densus 88

Stepanus Purba ยท Jumat, 15 November 2019 - 17:31 WIB
Rumah Merah Muda di Sekitar Lokasi Perakitan Bom Medan Digeledah Tim Densus 88
Rumah yang tidak jauh dari gubug tempat perakitan bom Medan digeledah Tim Densus 88, Jumat (15/11/2019). (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Usai penemuan lokasi yang diduga menjadi tempat perakitan bom Medan di Jalan Tambak Lingkungan 20, Kelurahan Canang Kering, Kecamatan Medan Belawan, Densus 88 juga geledah sebuah rumah yang berada di sekitar lokasi. Jarak rumah tersebut dengan gubug lokasi perakitan bom hanya sekitar 200 meter.

Menurut salah satu warga yang enggan disebut namanya, rumah tersebut milih warga bernama Iwan. Namun kini ditempati anaknya bernama Ainun dan suaminya Syafri.

Ainun dan Syafri diduga merupakan teman satu pengajian dari pelaku bom Medan, Rabbial Muslim Nasution (24) dan istrinya, DA. Saat penggeledahan, baik Ainun maupun Syafri tidak ada di rumah tersebut.

Dari pantauan iNews.id di lapangan, Tim Densus 88 tiba di rumah bercat merah muda itu sekitar pukul 14.30 WIB. Tak lama berselang, petugas memasang garis polisi dan mensterilkan lokasi hingga radius 20 meter.

Hingga sore ini proses penggeledahan masih berlangsung. Puluhan aparat keamanan dari Polres Pelabuhan Belawan juga tampak menjaga ketat proses penggeledahan.

Petugas yang berjaga hingga kini masih enggan memberikan keterangan, termasuk Direktur Kriminal Umum Polda Sumut, Kombes Pol Andi Rian yang terlihat di lokasi penggeledahan.

Di luar garis polisi, tampak puluhan warga baik pria maupun wanita berbagai usia tampak memadati area. Mereka tampak antusias melihat proses penggeledahan yang sedang dilakukan.

Sebelumnya, 88 Tim Densus 88 antiteror Mabes Polri bersama jajaran Polda Sumatera Utara (Sumut) dan Polres Pelabuhan Belawan menemukan lokasi yang diduga menjadi tempat Rabbial Muslim Nasution (24) merakit bom. Yakni, sebuah gubuk di tambak udang di Kelurahan Canang Kering, Kecamatan Medan Belawan.

Tim gabungan menggrebek lokasi ini pada Kamis (14/11/2019) sekitar pukul 22.00 WIB dan mengamankan dua orang yang merupakan pengelola tambak udang atas nama Aris (28) dan Fadli (23). Sedangkan seorang lagi, Andri (25), saat ini dalam pengejaran petugas.

"Mereka bertiga kakak beradik. Anak dari Ucok Udang. Rumahnya tidak jauh dari sini," kata seorang warga dekat lokasi tambak udang, Tohir (27), di Kota Medan, Sumut, Jumat (15/11/2019).


Editor : Umaya Khusniah