Sakit Kelainan Hati dan Jantung, Bayi asal Nias Butuh Uluran Tangan

Ahmad Ridwan Nasution · Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:46 WIB
Sakit Kelainan Hati dan Jantung, Bayi asal Nias Butuh Uluran Tangan
Kondisi Nadine yang mengalami kelainan jantung dan hati dirawat di RS Murni Teguh, Medan. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Nadine Sohaga Gulo yang saat ini berusia enam bulan asal Nias terbujur lemah di salah satu ruangan di Rumah Sakit Umum (RSU) Murni Teguh Kota Medan. Nadine anak kedua dari pasangan Ivan Berkat Taman Gulo dan Ernawati ini mengidap kelainan hati dan jantung sejak lahir.

Kondisi kesehatan kian hari memburuk pasalnya. Perutnya semakin membesar dan warna kulitnya semakin menguning karena penyakit yang diidapnya. Saat ini, orang tua Nadine harus menyiapkan dana mencapai Rp1 miliar untuk bisa melaksanakan pencangkokan hati terhadap anaknya.

Selain mengidap kelainan hati, Nadine juga diketahui mengalami kebocoran jantung sehingga harus dilakukan sejumlah tindakan untuk kesehatannya.

"Dari hasil pemeriksaan, Nadine memiliki banyak masalah. Baik dari hatinya bermasalah, jantungnya bermasalah, parunya juga bermasalah dan gangguan dari proteinnya," kata dokter anak RSU Murni Teguh, Ade Rahmat, Kamis (6/8/2020).

Rahmat mengatakan kondisi Nadine semakin parah karena mengidap atresia nilier yang bisa diperoleh dari infeksi. Sementara untuk kelainan jantung yang diderita Nadine merupakan penyakit bawaan sejak lahir.

"Karena Nadine usianya sudah mencapai enam bulan, maka tindakan yang diambil adalah cangkok hati. Kalau untuk cangkok hati maka anak ini akan kita rujuk ke RS Cipto Mangunkusumo di Jakarta," ucapnya.

Terkait dengan permasalahan biaya cangkok hati, Rahmat menaksir mencapai sekitar Rp1 miliar.

Sementara itu, ibu Nadine, Ernawati hanya bisa menangis melihat nasib anaknya. Dia mengaku tidak mampu merujuk anaknya ke RS Cipto Mangunkusumo karena besarnya biaya pengobatan.

"Harapan kami, mudah-mudahan ada yang bisa membantu kami untuk membiayai pengobatan anak kami," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba