Samosir Diguncang Gempa Bumi Dangkal M2,8

Robert Fernando H Siregar ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 11:59:00 WIB
Samosir Diguncang Gempa Bumi Dangkal M2,8
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Istimewa)

SAMOSIR, iNews.id- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 2,8 mengguncang Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, Jumat (11/6/2021) pukul 10.07 WIB. Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal.

Hasil analisis BMKG, lokasi episenter gempa terletak pada koordinat 2,54 Lintang Utara dan 98,75 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 kilometer Tenggara Samosir pada kedalaman 1 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hartanto mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. 

Gempa bumi ini kategori lokal berjenis swarm atau aktivitas gempa dengan magnitudo relatif kecil yang frekuensi kejadiannya tinggi dan berlangsung dalam waktu relatif lama di Samosir.

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan Samosir skala II MMI atau getaran dirasakan beberapa orang. Benda-benda ringan seperti lampu yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa," ujar Hartanto, Jumat (11/6/2021).

Hingga Pukul 11.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (After shock).

"Kepada masyarakat kami imbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya

Editor : Donald Karouw