Seorang Pria di Medan Gelapkan Mobil Innova dari Rental

Antara ยท Minggu, 19 April 2020 - 13:57:00 WIB
Seorang Pria di Medan Gelapkan Mobil Innova dari Rental
Ilustrasi polisi tangkap pelaku penggelapan mobil rental (AFP)

MEDAN, iNews.id - Personel Unit Reskrim Polsek Medan Baru membekuk tiga orang pelaku penggelapan kendaraan bermotor. Ketiga pelaku ditangkap karena menggelapkan mobil Toyota Innova BK-1652-GA.

Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah Tobing mengatakan, Ketiganya adalah AT (50) warga Jalan Dahlan Tanjung Kecamatan Tanjung Morawa, AH (25) warga Jalan Karya VII Desa Helvetia, dan N (20) warga Jalan Gaharu Medan.

"Mereka gelapkan mobil dengan modus rental, namun tidak dikembalikan kepada pemiliknya," kata Martuasah, Minggu (19/4/2020).

Martuasah menambahkan, ketiga pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan dari korban Dedy Syahputra. Pasalnya, mobil Toyota Innova milik korban yang direntalkan tidak dikembalikan oleh pelaku.

Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (11/1/2020). Saat itu korban didatangi salah satu pelaku di sekitar Jalan KH Zainul Arifin, Medan Petizah. Saat itu pelaku mengaku dari perwakilan bank bermaksud akan merental mobil dengan biaya Rp10 juta per bulan.

Kemudian, antara pelaku dan korban telah sepakat sewa-menyewa mobil tersebut. Korban Dedy selanjutnya menyerahkan mobil Toyota Innova itu, berikut kunci mobil dan STNK kepada pelaku.

"Pada bulan pertama, dan bulan kedua pembayaran mobil rental lancar. Namun memasuki bulan ketiga mengalami kendala karena orang yang merental mobil tidak bisa dihubungi," kata dia.

Martuasah menambahkan, selanjutnya korban melakukan pencarian. Hasilnya diketahui pelaku bukan dari perwakilan bank. Setelah dilacak melalui GPS dan didapati mobil tersebut berada di sebuah gudang di Tanjung Morawa.

Namun saat diminta korban untuk dikembalikan, pemilik gudang AH menolaknya. AH mengaku telah telah membeli mobil tersebut.

"Atas kejadian itu, korban lalu membuat laporan ke Polsek Medan Baru," kata dia.

Atas laporan itu, polisi melakukan penyelidikan dan mendapatkan posisi para pelaku. Pelaku akhirnya ditangkap dengan barang bukti mobil Toyota Innova.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto