Sinabung Erupsi Malam Tadi, Langkat Terpapar Abu Vulkanis

Antara ยท Senin, 07 Juni 2021 - 09:06:00 WIB
Sinabung Erupsi Malam Tadi, Langkat Terpapar Abu Vulkanis
Debu vulkanik Gunung Sinabung Tanah Karo yang erupsi sampai di Kota Stabat dan sangat tebal.(FOTO ANTARA/HO).

MEDAN, iNews.id - Erupsi Gunung Sinabung yang terjadi Minggu (6/6/2021) malam menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Langkat terpapar abu vulkanis. Salah satu wilayah yang terpapar abu vulkanis yakni Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat. 

Kepala Desa Sei Bingai, Kabupaten Langkat mengatakan abu vulkanis melanda desa mereka Senin (7/6/2021) dini hari. Paparan abu vulkanis terlihat sudah menyelimuti kawasan Gunung Sinabung. 

"Sangat tebal debu yang sampai ke Langkat ini dan ini baru terjadi tadi beberapa jam saja," katanya.

Hampir semua halaman rumah warga di sana diselimuti debu vulkanik Gunung Sinabung. Pihaknya juga sudah menginstruksikan warga agar memakai masker, melihat kondisi debu yang sangat tebal.

Sementara seorang ibu rumah tangga Pipit warga Sidomulyo Kecamatan Stabat awalnya heran namun setelah dicari tahu memang debu yang mengotori kediamannya.

"Debunya sangat tebal sampai ke rumah warga disini dan ini baru pertama terjadi debu vulkanik Sinabung sangat tebal seperti ini," katanya.

Warga di kota Stabat juga sibuk membersihkan tumbuhannya berupa bunga dihalaman karena diselimuti debu yang sangat tebal.

Editor : Stepanus Purba