Soal Rencana Aksi Demo Buruh 30 April, Ini Kata Kapolda Sumut

Stepanus Purba ยท Kamis, 23 April 2020 - 15:05 WIB
Soal Rencana Aksi Demo Buruh 30 April, Ini Kata Kapolda Sumut
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani. (Foto: dok iNews)

MEDAN, iNews.id - Buruh dari berbagai elemen berencana akan menggelar aksi unjuk rasa di Kota Medan pada 30 April 2020 mendatang. Selain menyambut Hari Buruh, demo tersebut untuk meminta Pemerintah pusat dan DPR agar menghentikan pembahasan UU Omnibus Law di tengah masa pandemi Covid-19.

Merespons rencana aksi buruh, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani sormin mengaku akan berpedoman pada maklumat Kapolri terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona. Karena itu, secara tegas Polda Sumut tidak akan memberikan izin untuk menggelar aksi tersebut.

"Kami tidak akan pernah memberikan rekomendasi untuk giat seperti itu, karena bertentangan dengan maklumat Kapolri," ujar Martuani, Kamis (23/4/2020).

Soal saksi bila aksi tetap dilakukan terkait Hari Buruh, Kapolda enggan menanggapinya. Namun yang jelas, dalam masa pandemi corona seluruh institusi Polri berpedoman kepada isi maklumat Kapolri tersebut.

Sebelumnya, rencana aksi buruh ini disampaikan Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumut Willy Agus Utomo. Sejumlah elemen buruh akan berunjuk rasa dengan sasaran aksi di Kantor Gubernur dan DPRD Sumut pada pada 30 April 2020.

Aksi ini buntut kekecewaan buruh kepada Pemerintah pusat dan DPR karena tetap membahas pengesahaan RUU Cipta Kerja (Omnibus Law). Tindakan itu dinilai menciderai perasaan buruh karena memanfaatkan situasi pandemi untuk mensahkan UU omnibus Law.


Editor : Donald Karouw