Solar Langka, Ratusan Nelayan di Asahan Batal Melaut

Wahyudi Aulia Siregar ยท Sabtu, 16 Oktober 2021 - 11:28:00 WIB
Solar Langka, Ratusan Nelayan di Asahan Batal Melaut
Ratusan nelayan di Asahan mengibarkan bendera putih setelah gagal melaut karena BBM jenis solar langka. (Foto: istimewa)

ASAHAN, iNews.id - Ratusan nelayan di Desa Silo Baru, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, melakukan aksi mengibarkan bendera putih setelah gagal melaut. Mereka gagal melaut setelah bahan bakar solar langka
 
"Kami sudah merasa jenuh karena kelangkaan BBM ini. Banyak dari kami yang terpaksa libur melaut karena BBM langka. Makanya kami mengibarkan bendera putih ini. Kami ingin sampaikan bahwa kami jemu dengan keadaan ini," ujar Awalludin Samosir, Kamis (15/10/2021).

Awal bersama nelayan lainnya berharap, situasi kelangkaam BBM ini kembali normal. Sehingga mereka mudah mendapatkan BBM untuk melaut. 

"Kalau BBM ini tidak susah, kami bisa melaut seperti biasa dan pulang hari. Tapi saat ini kami kesulitan mendapatkan BBM. Kadang dua hari baru ada," ucapnya. 

Kalau pun BBM tersedian, nelayan harus mengeluar biaya yang lebih besa karena harganya naik. Hal tersebut karena pembelian dengan jerigen di SPBU dibatasi oleh Pertamina. 

"Terlalu mahal harganya, dikarenakan mereka itu along-along itu cukup sulit disana. Ada pengawalan, ada hal lain. Sehingga kesulitan mereka mendapatkan minyak itu. Jarak SPBU dari sini jauh, sekitar 20 km. Jadi kami selalu beli minyak dari along-along. Sementara mereka terkendala mendapatkan minyak karena razia," ucapnya.

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: