Suami Gangguan Jiwa, Istri di Batubara Banting Tulang Nafkahi Keluarga dengan 3 Anak

Fadli Pelka · Senin, 08 Maret 2021 - 15:06:00 WIB
Suami Gangguan Jiwa, Istri di Batubara Banting Tulang Nafkahi Keluarga dengan 3 Anak
Keluarga di Batubara yang berharap uluran tangan untuk meningkatkan perekonomian. (Foto: iNews/Fadli Pelka)

BATUBARA, iNews.id - Atik (53) warga Simpang Sianam Desa Guntung, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batubara, Sumatra Utara bekerja banting tulang untuk menafkahi keluarga. Suaminya sejak setahun terakhir mengidap gangguan jiwa

Ketika ditemui dalam kediamannya, ibu tiga anak ini tampak letih setelah melakukan pekerjaan berat demi mendapatkan penghasilan untuk menghidupi keluarga. Apalagi ketiga anaknya masih kecil.

Dengan haru sembari berurai air mata, Atik mengisahkan perjalanan hidup keluarganya. Dia menceritakan, suaminya dahulu bekerja sebagai pengangkat air dari Masjid Simpang Sianam untuk kebutuhan warga sekitar. Namun setahun terakhir suaminya menderita gangguan jiwa.

Saat kambuh, suaminya hanya mondar mandir di emperan pertokoan yang ada di daerah tersebut. 

"Syukurlah abang ipar mau membantu biaya hidup kami," ucap Atik, Senin (8/3/2021).

Namun itu pun hanya berlangsung selama empat bulan. Kakak iparnya Rustam (65) tiba-tiba diserang kelumpuhan. Bantuan yang selama ini diterima tidak diperoleh lagi karena abang iparnya sudah tak mampu bekerja.

Menghadapi situasi sulit, Atik banting setir mengambilalih tanggung jawab keluarga dengan menafkahi sekaligus membiayai pendidikan anak-anaknya.

Kendati di tengah keterbatasan dan kemampuan, Atik bekerja sebagai buruh cuci dan mengambil upahan mengupas kelapa di agen kelapa dengan penghasilan ,aksimal Rp20.000 per hari.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2