Sungai Padang Meluap, Ribuan Rumah di Tebingtinggi Terendam Banjir

Abdullah Sani Hasibuan · Minggu, 12 Juli 2020 - 17:27 WIB
Sungai Padang Meluap, Ribuan Rumah di Tebingtinggi Terendam Banjir
Seribuan rumah di permukiman padat penduduk di Kota Tebingtinggi, Sumut, terendam banjir, Minggu (12/7/2020).  (Foto: iNews/Abdullah Sani Hasibuan)

TEBINGTINGGI, iNews.id – Seribuan rumah di permukiman padat penduduk di Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara (Sumut) terendam banjir, Minggu (12/7/2020). Banjir dipicu Sungai Padang meluap hingga ke permukiman warga.

Permukiman warga yang terendam banjir berada di empat kecamatan, yakni Kecamatan Rambutan, Kecamatan Tebingtinggi Kota, Kecamatan Padang Hilir, dan Kecamatan Bajenis. Ketinggian air bervariasi dari selutut hingga sepinggang orang dewasa.

Banjir terparah berada di lingkungan 1 dan 3, di Kelurahan Bhandar Utama, Kecamatan Tebingtinggi Kota. Ketinggian air di kawasan ini mencapai 1 meter.

Menurut salah seorang ibu rumah tangga korban banjir bernama Sukesi, air yang merendam pemukiman warga mulai berlangsung dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, saat warga sudah tertidur lelap.

“Air mulai masuk ke rumah sekitar pukul satu dini hari, pada saat kami lagi tidur,” ujar Sukesih.

Sukesih menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Pemerintah Kota (Pemko) Tebingtinggi sudah berulang kali melakukan perbaikan tanggul Sungai Padang. Meskipun tanggul sudah berulang kali diperbaiki pemerintah, air Sungai Padang sering meluap ke permukiman warga.

“Dalam setahun, bisa tiga hingga empat kali daerah kami ini kebanjiran,” kata Sukesih.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tebingtinggi belum dapat dikonfirmasi terkait banjir yang merendam permukiman padat penduduk, di empat kecamatan di Kota Tebingtinggi.

Hingga Minggu pagi menjelang siang, belum terlihat adanya dapur umum atau pun posko bantuan dari pemerintah daerah setempat. Warga korban banjir pun masih bertahan di rumah mereka masing-masing.


Editor : InewsTv Henri