Tangkal Isu Ikan Makan Bangkai Babi, Pedagang di Medan Gelar Festival Makan Ikan Gratis

Stepanus Purba ยท Senin, 25 November 2019 - 18:19 WIB
Tangkal Isu Ikan Makan Bangkai Babi, Pedagang di Medan Gelar Festival Makan Ikan Gratis
Suasana pelaksanaan makan ikan gratis di pasar ikan Cemara (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id – Komunitas Pedagang Ikan dari Pasar Permai dan Cemara Baru didukung Pemerintah Kota Medan menyelenggarakan kegiatan makan ikan gratis di Pajak Ikan Cemara, di Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Senin (25/11/2019). Kegiatan ini untuk melawan isu ikan memakan bangkai babi berpenyakit yang banyak dibuang di sungai dan danau di Medan, Sumatera Utara belakangan ini.

Kegiatan makan bersama ini dihadiri ribuan warga Kota Medan. Panitia menyediakan beraneka ragam makanan olahan ikan dan seafood.

Menurut ketua panitia acara, Amnoni, acara ini bertujuan mengampanyekan makan ikan, sehat untuk masyarakat. "Agar masyarakat tidak takut makan ikan,” katanya, Senin (25/11/2019).

Amnoni menyayangkan beredarnya isu ikan makan bangkai babi. Menurutnya, akibat isu yang tidak bertanggung jawab seperti ini, pedangan ada yang gulung tikar.

Pedagang juga takut menerima ikan dari nelayan. Karena ikan tangkapan tidak laku, maka nelayan tidak melaut.

“Omset turun 80 persen, seluruh pedagang merasakannya," katanya.

Selain daya beli masyarakat menurun, harga ikan juga ikut turun pascamerebaknya isu tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, pascakejadian ratusan ekor bangkai babi ditemukan mengambang di perairan membuat isu ikan makan bangkai babi merebak. Bangkai-bangkai babi diduga mati dan dibuang usai terkena virus Hog Cholera.


Editor : Umaya Khusniah