Tekan Penularan Corona, Pemprov Sumut Pertimbangkan Umumkan Identitas ODP

Antara ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 21:44 WIB
Tekan Penularan Corona, Pemprov Sumut Pertimbangkan Umumkan Identitas ODP
Ilustrasi Covid-19. (Foto: AFP).

MEDAN, iNews.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mempertimbangkan untuk mengungkap identitas orang dalam pemantauan (ODP). Tim saat ini sedang berkonsultasi dengan pihak hukum untuk menempuh langkah tersebut.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah mengatakan, langkah ini dimaksudkan untuk memaksimalkan penekanan terhadap penularan virus corona.

"Dengan diumumkan para ODP, maka mereka bisa menjalani karantina sendiri secara sukarela dan orang sekitarnya juga dapat lebih hati-hati," ujar Aris di Medan, Kamis (26/3/2020).

Bukan tak beralasan, saat ini jumlah ODP di Sumut meningkat signifikan. Ada penambahan mencapai 1.104 kasus dalam sehari. Dari 1.976 ODP pada 25 Maret menjadi 3.080 ODP per 26 Maret.

Sebaran ODP ada di lima kabupaten. Terbanyak di Kabupaten Deliserdang, disusul Kota Medan. Sementara jumlah pasien positif Covid-19 masih sama yakni 9 orang dengan satu di antaranya meninggal dunia.

Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Sumut bertambah 16 orang. Naik menjadi 71 PDP dari sebelumnya 55 orang.

Aris mengingatkan masyarakat untuk tetap melakukan physical distancing, baik di luar bahkan di dalam rumah.

"Jadi sebaiknya warga tetap di rumah dengan menjaga kesehatan," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menegaskan, pemprov sedang mempersiapkan tambahan ruang isolasi untuk penanganan pasien Covid-19.

Beberapa rumah sakit dan gedung seperti Wisma Atlet dipersiapkan menjadi pusat rujukan bagi pasien yang dikirim dari rumah sakit di kabupaten/kota.


Editor : Donald Karouw