Terjatuh dari Sampan saat Beri Makan Ikan, Pemuda Humbahas Tenggelam di Danau Toba

Stepanus Purba ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 15:36:00 WIB
Terjatuh dari Sampan saat Beri Makan Ikan, Pemuda Humbahas Tenggelam di Danau Toba
Tim SAR saat evakuasi korban dari Danau Toba, Kamis (15/10/2020). (Foto: istimewa)

HUMBAHAS, iNews.id - Seorang pemuda tenggelam di perairan Danau Toba, Desa Tipang, Kecamatan Baktiraja, Humbang Hansudutan (Humbahas). Pemuda bernama Bornok Pandapotan Lumbantoruan (21) terjatuh ke Danau Toba saat memberi makan ikan di keramba ikan.

Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono mengatakan pihaknya pertama kali mengetahui korban tenggelam Rabu (14/10/2020) sore hari. Korban yang tidak tahu berenang terjatuh dari atas sampan saat memberi makan ikan.

"Kejadian ini kemudian diteruskan aparat setempat kepada personel siaga Pos SAR Parapat, Danau Toba. Mereka langsung berangkat ke lokasi dan baru tiba Kamis (15/10/2020) sekitar pukul 02.00 WIB. Tim SAR bergabung dengan aparat setempat dan masyarakat," ujar Toto.

Tim SAR yang tiba di lokasi pun melakukan pencarian dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. "Kami upayakan melakukan penyelaman dengan menurunkan dua penyelam," ujar Toto.

Sekitar 10 menit penyelaman, korban akhirnya berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada kedalaman sekitar 18 sampai 20 meter. Selanjutnya, korban dievakuasi petugas ke daratan.

"Korban langsung diserahkan kepada pihak keluarga untuk disemayamkan. Dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan ditutup," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba