Update Banjir Besar di Tapanuli Tengah: Korban Tewas Bertambah Jadi 2 Orang

Stepanus Purba ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 10:57 WIB
Update Banjir Besar di Tapanuli Tengah: Korban Tewas Bertambah Jadi 2 Orang
Petugas kemanusiaan saat mengevakuasi korban tewas akibat bencana banjir di Tapanuli Tengah, Rabu (29/1/2020). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Jumlah korban tewas akibat banjir besar yang melanda wilayah Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, bertambah. Hingga Rabu (29/1/2020) pukul 10.00 WIB, sudah dua warga yang dipastikan meninggal akibat bencana tersebut.

BPBD Kabupaten Tapanuli Tengah memastikan ada dua korban meninggal dunia,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo, Rabu (29/1/2020).

Menurutnya, petugas di lapangan saling berkoordinasi dalam membantu mengevakuasi korban banjir. Tim gabungan ini melibatkan BPBD kabupaten dan provinsi, personel TNI-Polri, petugas SAR serta dari instansi terkait lainnya

“Untuk evakuasi kami mengalami kendala di lapangan karena minimnya alat. Pemantauan saat ini, ada empat kecamatan yang terdampak banjir,” katanya.

Sementara menyangkut kebutuhan mendesak untuk penanganan korban banjir, yakni dukungan perahu karet dan kendaraan roda empat. Prioritas saat ini yakni penanganan terhadap korban banjir dan upaya evakuasi.

“BPBD Tapanuli Tengah telah membuat SK Tanggap Darurat selama tujuh hari, terhitung sejak tanggal 29 Januari 2020 yang tingga menunggu tanda tangan kepala daerah setempat,” katanya.

Sebelumnya, banjir besar melanda Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Rabu (29/1/2020) pukul 01.00 WIB. Ketinggian muka air mencapai 2-2,5 meter dan menyebabkan 22 orang terkula serta 700 KK dari tujuh desa terdampak banjir. Selain karena curah hujan tinggi selama semalaman, banjir terjadi akibat tanggul sungai yang jebol sehingga cepat merendam pemukiman warga.


Editor : Donald Karouw