Viral Pasien Covid-19 Bikin Heboh di Medan, Tidak Isoman dan Makan Pindah-Pindah Restoran

Henri Sianturi ยท Senin, 09 Agustus 2021 - 01:34:00 WIB
Viral Pasien Covid-19 Bikin Heboh di Medan, Tidak Isoman dan Makan Pindah-Pindah Restoran
Tangkapan layar saat pasien bernama Sehat melakukan tes PCR kelima di Microlab, Sabtu (7/8/2021) dan hasilnya tetap positif Covid-19. (Foto: Henri Sianturi)

MEDAN, iNews.id - Warga Kota Medan dibuat heboh video yang diunggah seorang pasien terpapar Covid-19 bernama Sehat (54) warga Jalan Dr FL Tobing Medan. Laki-laki usia 54 tahun ini mengaku dia terkonfirmasi positif Covid-19 hasil tes PCR, namun tidak melakukan isolasi mandiri (isoman) bahkan berpindah-pindah makan di restoran.

Seluruh kegiatannya melakukan tes PCR dan makan di sejumlah tempat kuliner didokumentasikan hingga beredar luas di masyarakat. Setidaknya ada lima video miliknya tersebar, mulai ia melakukannya tes PCR hingga makan berpindah-pindah tempat didokumentasikannya dengan apik.

"Perlu diberitakan ini agar jadi perhatian pihak berwenang. Kalau dia (Sehat) tidak diperiksa, orang akan menganggap pasien positif Covid gak perlu isolasi mandiri meski mungkin banyak orang seperti dia ini," ujar salah seorang warga Medan, Prabudi Said, Minggu (8/8/2021).

Pada video tersebut tidak diketahui apa tujuan pasien bernama Sehat ini hingga dengan khusus mendokumentasikan dirinya yang positif Covid-19. Pada salah satu video yang sengaja direkam temannya secara khusus, Sehat mengatakan pada 5 Agustus 2021 pukul 16.00 WIB, Dia melakukan tes PCR di RS Bunda Thamrin.

Kemudian, di hari yang sama Sehat juga melakukan tes PCR di RS yang berbeda. Disebutkannya pertama pukul 09.00 WIB di RS USU, pukul 10.00 WIB di RS Royal Prima, pukul 12.00 WIB di RS Siloam. Selanjutnya, Dia mengatakan melakukan PCR keempat di Rumkit Kesdam.

Meski disebutkan hasil PCR terkonfirmasi, Sehat kembali mendokumentasikan aktivitasnya. Pada video berikutnya 6 Agustus pukul 08.19 WIB, pasien ini makan di bak mie Aceh Bangka. Dia juga sempat memaparkan makanan itu sangat enak.

Di tanggal yang sama, pria ini kembali makan di tempat kuliner lain yakni rumah makan Hasan pada pukul 12.45 WIB. Dia menceritakan di rumah makan Hasan itu makan cakwe.

Pasien ini menjelaskan pada video berdurasi 50 detik itu makan sebanyak tiga porsi untuk berdua. Selanjutnya, Dia menyebutkan temannya adalah eks pasien corona.

"Ini kita makan tidak pakai nasi, tiga porsi berdua, jangan sepiring berdua tapi 3 porsi berdua. Karena kau bekas pasien eks Covid-19," katanya sambil tertawa yang juga disambut tawa teman di sebelahnya.

Kemudian Sehat melanjutkan makan Yensui atau kalau di China itu antibiotik. Video selanjutnya yang disebutkan tanggal 7 Agustus pukul 10.05 WIB melakukan tes PCR di Microlab kelima tetap hasilnya positif.

Dengan beredarnya video tersebut membuat masyarakat resah karena pasien (Sehat) makan di berbagai tempat dan tanpa melakukan isolasi mandiri. Dikhawatirkan tindakannya tersebut bisa menyebabkan klaster baru Covid-19.

Editor : InewsTv Henri Sianturi

Bagikan Artikel: