Warga 2 Desa di Tapsel Bentrok, Rumah dan Sepeda Motor Dibakar Massa

Indra Mulia Siagian ยท Rabu, 27 Mei 2020 - 11:25 WIB
Warga 2 Desa di Tapsel Bentrok, Rumah dan Sepeda Motor Dibakar Massa
Satu rumah warga yang dibakar massa saat bentrokan warga Desa Pintu Padang dan Desa Benteng Huraba, Tapsel, Selasa (26/5/2020) malam. (Foto: iNews/Indra Mulia Siagian)

SIPIROK, iNews.id - Warga Desa Benteng Huraba dan Desa Pintu Padang, Kecamatan Batang Angkola, Tapanuli Selatan (Tapsel), terlibat bentrokan, Selasa (26/5/2020) malam. Akibatnya, empat orang warga mengalami luka-luka. Selain itu, satu rumah dan sepeda motor warga di Desa Pintu Padang dibakar orang tak dikenal saat bentrokan.

Bentrokan warga kedua desa ini berhasil mereda setelah personel dari Polres Tapsel dibantu personel TNI turun ke lokasi.

Dari informasi yang dihimpun, bentrokan berawal dari anak-anak kedua desa bermain tembak-tembakan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Diduga salah paham, terjadi perkelahian di antara mereka hingga berujung bentrokan antarwarga kedua desa.

"Berawal dari anak-anak yang bermain tembak-tembakan dan ditegur oleh masyarakat yang ada di Desa Pintu Padang. Namun teguran tersebut tidak diterima hingga berujung cekcok," kata Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradan, Selasa (26/5/2020) malam.

Usai terjadi cekcok, ratusan warga dari Desa Benteng Huraba kemudian kembali datang ke lokasi cekcok hingga terjadi bentrokan.

"Saat bentrokan, satu rumah warga di Desa Pintu Padang dan satu sepeda motor dibakar massa," ucapnya.

Selain itu, Roman mengatakan sejumlah orang mengalami luka-luka akibat bentrokan tersebut. Salah satu di antaranya personel kepolisian dari Polsek Batang Angkola.

"Kemudian dari masyarakat Desa Pintu Padang dan Desa Benteng Huraba juga mengalami luka akibat terkena tembakan senapan angin," ucapnya.

Bentrokan mengakibatkan Jalan Lintas Sumatera yang melalui kedua desa tersebut lumpuh total selama empat jam. Untuk mencegah bentrokan susulan, personel Polres Tapsel tetap berjaga di lokasi kejadian.

Diketahui, bentrokan antara kedua desa ini memang kerap terjadi. Terakhir, kedua warga desa tersebut terlibat bentrokan dua tahun lalu.


Editor : Stepanus Purba