Warga Pematangsiantar Berebut Beli Sembako di Pasar Murah yang Digelar Pemko

Dharma Setiawan ยท Kamis, 30 April 2020 - 11:11 WIB
Warga Pematangsiantar Berebut Beli Sembako di Pasar Murah yang Digelar Pemko
Warga berdesakan membeli sembako di pasar murah yang diselenggarakan oleh Pemko Pematangsiantar, Kamis (30/4/2020). (Foto : iNews/Dharma Setiawan)

PEMATANGSIANTAR, iNews.id - Warga Kota Pematangsiantar menyerbu pasar murah yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Pematangsiantar, Kamis (30/4/2020). Tanpa menghiraukan bahaya penyebaran Covid-19, puluhan warga yang didominasi oleh ibu-ibu berdesakan berebut membeli sembako murah.

Pantauan dari iNews, imbauan petugas kepada warga untuk menjaga jarak dan mengantre tidak dihiraukan. Warga tetap berdesakan karena takut tidak kebagian sembako murah. Petugas bahkan sempat menghentikan pasar murah karena warga terus berdesak-desakan berebut membeli sembako.

"Ini sudah menyalahi protokol kesehatan. Ini tidak bisa dibagi lagi," teriak salah seorang petugas kepada warga yang berdesakan.

Setelah diancam tidak dibagikan lagi, warga kemudian mengantri serta mengikuti arahan dari petugas. Pihak Pemko Pematangsiantar memastikan bahwa stok bahan pangan yang dijual dalam operasi ini cukup.

"Bagi kita yang dapat hari ini, kita akan lakukan pendataan untuk besok kita bagikan," ucapnya

Warga sendiri menyambut antusias pasar murah yang diselenggarakan oleh Pemko Pematangsiantar. Kegiatan yang sama diharapkan rutin diselenggarakan untuk membantu warga di tengah melonjaknya harga bahan pokok di tengah pandemi Covid-19 dan bulan suci Ramadan.

"Kami sangat terbantu dengan adanya pasar murah ini. karena harganya jauh di bawah dibandingkan harga pasaran," kata salah seorang warga usai belanja, Suhana.

Dari data yang dihimpun, Pemko Pematangsiantar menjual gula pasir Rp12.500 per kg, minyak goreng dijual Rp11.000 per liter, dan beras dijual seharga Rp100.000 per karung.


Editor : Stepanus Purba