Warga Medan Tolak Pemakaman Pasien Covid-19, Petugas Angkat Kembali Peti Jenazah

Adi Palapa Harahap ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 10:28:00 WIB
Warga Medan Tolak Pemakaman Pasien Covid-19, Petugas Angkat Kembali Peti Jenazah
Petugas dengan APD lengkap mengangkat kembali peti jenazah pasien Covid-19 dari lokasi pemakaman lantaran ditolak warga. (Foto: iNews/Adi Palapa Harahap)

MEDAN, iNews.id - Jenazah pasien Covid-19 ditolak warga saat akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Sei Batu Gingging, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (23/7/2020) malam. Warga menolak pemakaman karena seharusnya jenazah pasien Covid-19 dimakamkan di TPU khusus yang telah disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan.

Pantauan iNews, warga tampak berdatangan ke TPU saat petugas medis dengan alat pelindung diri (APD) lengkap membawa peti jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19. Mereka meminta peti jenazah diangkat ulang karena lokasi tersebut pemakaman umum dan bukan khusus pasien Covid-19.

"Tidak ada informasi sama sekali, tahu-tahu datang menguburkan jenazah pasien Covid-19 di sini. Pemkot kan sudah sediakan TPU khusus di Simalingkar. Jadi kami minta mereka mengangkat kembali jenazah dan dikuburkan di tempat yang seharusnya," ujar Ucok warga setempat, Kamis (23/7/2020) malam. 

Selain tidak pada tempatnya, warga beralasan cemas tertular virus corona. Setelah ada penolakan, delapan petugas pemulasaran akhirnya mengangkat kembali peti jenazah dan membawanya ke dalam ambulans. Sejumlah anggota Polsek Medan Baru tampak datang ke lokasi untuk pengamanan dan menenangkan warga.


Editor : Donald Karouw