Wisata Eksotis Desa Bonan Dolok di Danau Toba, Ada Air Terjun dan Bukit Hijau

Vien Dimyati ยท Jumat, 08 Mei 2020 - 14:49 WIB
Wisata Eksotis Desa Bonan Dolok di Danau Toba, Ada Air Terjun dan Bukit Hijau
Keindahan Desa Bonan Dolok (Foto : Instagram @Indoflashlight)

JAKARTA, iNews.id - Pariwisata di Sumatera Utara tak ada habisnya. Ada beragam destinasi yang bisa dinikmati, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah hingga kuliner khas salah satu provinsi terbesar di Indonesia tersebut.

Menariknya, masing-masing tempat wisata memiliki kisah serta keunikan berbeda. Kisah-kisah ini melegenda di kalangan masyarakat dan menjadi daya pikat tersendiri.

Salah satu destinasi eksotis yakni Bonan Dolok. Destinasi cantik ini mirip Bukit Pergasingan yang ada di Lombok. Bonan Dolok merupakan nama sebuah desa yang berada di pinggiran Danau Toba.

Desa ini menawarkan pemandangan mengagumkan. Rumah-rumah tradisional, sawah dan alam yang asri dikelilingi bukit hijau. Persawahannya terhampar luas dan hijau. Lokasinya terletak di Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir. Desa ini juga dikelilingi oleh air terjun yang memesona.

"Cantiknya Desa Bonan Dolok ini seperti berada di Pedesaan Lauterbrunnen. Di kawasan ini terdapat air terjun, sungai, sawah dan pedesaan khas Batak yang di kelilingi perbukitan. Jika tidak sedang hujan, air sungai ini cukup jernih, namun setelah hujan biasanya akan keruh. Pemandangan sesederhana ini bisa buat nyaman dan tenteram Kontributor: (@roy_jam)," tulis Instagram @Indoflashlight dikutip Jumat (8/5/2020).

Desa Bonan Dolok memiliki tiga air terjun eksotis yang letaknya berdekatan. Dari ketiga air terjun, Sitapigagan merupakan yang paling terpopuler dikunjungi wisatawan.

Dari cerita masyarakat, air terjun ini kerap berubah warna. Wisatawan bisa berkunjung, swafoto atau sekadar bermain air. Untuk mencapai desa ini, Anda bisa berkendara selama tujuh jam dari Medan. Lelah Anda akan terpuaskan dengan pemandangan alam yang masih alami. Bagaimana, tertarik menjelajahi Desa Bonan Dolok?


Editor : Donald Karouw