Fakta menarik Danau Toba, Sumatera Utara sangat beragam dari awal mula terbentuk hingga keunikannya. (Foto: Antara).
Hanna Ratih Aninditya

MEDAN, iNews.id - Fakta menarik Danau Toba, Sumatera Utara sangat beragam dari awal mula terbentuk hingga keunikannya. Selain itu terkenal juga dengan cerita legenda tempat tersebut.

Danau Toba yang mencetak rekor sebagai danau terbesar di Asia Tenggara ini memiliki keindahan alam yang membuatnya menjadi destinasi wisata pilihan menarik bagi turis domestik dan mancanegara.

Seringkali Danau Toba dianggap sebagai danau yang terletak di Kabupaten Medan. Namun nyatanya, Danau Toba memiliki letak yang masuk ke dalam tujuh wilayah Kabupaten di Sumatera Utara. 

Pulau Samosir merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan Danau Toba. Jika berlibur di Pulau Samosir akan terasa kurang lengkap jika tidak mampir mengunjungi Danau Toba. 

Namun ternyata di balik keindahannya, Danau Toba memiliki fakta unik tersendiri yang jarang diketahui.

Berikut 5 fakta menarik dan unik Danau Toba belum banyak diketahui:

1. Awalnya Gunung Toba

Sebelum terbentuk menjadi danau, awalnya Danau Toba merupakan gunung berapi. Diperkirakan Gunung Toba meletus pada 69.000-79.000 tahun lalu. Akibat dahsyatnya letusan Gunung Toba, kini gunung tersebut disebut tersembunyi di bawah Danau Toba yang biasa dikenal sebagai Kaldera Toba.

2. Letusan dahsyat Gunung Toba

Gunung Toba meletus dahsyat sebanyak tiga kali. Letusan pertama membuat Gunung Toba menghasilkan danau di sisi selatan, kemudian disusul dengan letusan dahsyat kedua yang menghasilkan danau sisi utara. 

Barulah terjadi letusan dahsyat ketiga, yang meluluhlantakkan seluruh Gunung Toba berubah menjadi danau.

3. Terkenal legenda putri cantik

Di balik keelokannya, terdapat cerita rakyat cukup populer di kalangan masyarakat sekitar Danau Toba. Alkisah dulu ada pria bernama Toba yang sedang menangkap ikan di sungai. Ikan tersebut berubah menjadi perempuan cantik kemudian dinikahi oleh Toba. 

Sang perempuan tersebut memberikan syarat kepada Toba sebelum menikahinya untuk tidak menceritakan kepada siapapun mengenai asal-usulnya.

4. Dasar danau terangkat

Pulau Samosir yang selama ini dikenal mengelilingi Danau Toba merupakan sebagian dari dasar danau yang terangkat akibat letusan gunung ribuan tahun lalu. Luasnya mencapai 630 kilomter persegi, luas Pulau Samosir menyamai dengan luas Kota Jakarta.

5. Danau vulkanik terbesar di dunia 

Volume air Danau Toba yang mencapai 240 kilometer persegi. Selain itu Danau Toba merupakan vulkanik terbesar di dunia dan danau terbesar kedua di dunia setelah Victoria di Afrika. 

Itulah lima fakta menarik tentang Danau Toba. Danau Toba juga diketahui memiliki banyak keunikan alam dan keanekaragaman hayati di sekitarnya. Tertarik mengunjungi Danau Toba?


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT