Danau Toba Sumatera Utara. (foto: Instagram/@Tobasamosir)
Nani Suherni

MEDAN, iNews.id - Danau Toba Sumatera Utara keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Selain menyimpan cerita rakyat, Danau Toba juga dikenal dengan sejumlah mitosnya.

Danau Toba Sumatera Utara yang terkenal akan keindahan menjadi salah satu ikon pariwisata alam Indonesia. Namun dibalik keindahannya, Danau Toba juga menyimpan sejumlah mitos yang dipercaya oleh warga setempat menyebar dari mulut ke mulut.

Berikut ini 5 mitos Danau Toba Sumatera Utara yang bikin merinding;

1. Salam ‘Santabi Oppung’

Desa Wisata Tipang, surga tersembunyi di sisi Danau Toba. (Foto: iNews)

Setiap tempat terlebih alam terbuka dipercaya memiliki ‘penghuni’ nya. Hal ini juga berlaku di Danau Toba Sumatera Utara. Masyarakat setempat sampai punya salam khusus yakni ‘Santabi Opung’.

Salam ini merupakan bentuk tata krama yang bertujuan untuk memastikan bahwa kita meminta izin mampir ke wilayah yang mereka diami, supaya para makhluk tak kasat mata ini merasa tidak terganggu dan lantas tidak mengganggu manusia.

2. Suara Tangisan di Tengah Malam 

Lokasi Wisata Parapat Danau Toba Sumatra Utara (Foto: iNews/Dharma Setiawan)

Sebagai wilayah danau terbesar dan terluas di Indonesia bahkan Asia Tenggara, beberapa kali Danau Toba Sumatera Utara memakan korban yakni pengunjung atau wisatawan yang tenggelam di perairannya.

Konon para arwah korban ini kerap mengeluarkan suara tangisan yang cukup nyaring terdengar saat malam hari di sekitar sudut danau. Dan hal itu disebut sebagai sesuatu yang biasa bagi warga setempat karena sering terjadi. 

3. Ikan Mas Raksasa

Danau Toba. ( Foto: Istimewa)

Masyarakat setempat percaya bahwa Danau Toba Sumatera Utara terbentuk dari sebuah urban legend mengenai sosok pria bernama Toba yang menikah dengan gadis cantik. Sayangnya sosok wanita cantik itu dikutuk menjadi ikan mas. Keduanya pun memiliki anak bernama Samosir.

Singkat cerita, wanita cantik jelita yang menjadi istri pria bernama Toba kembali menjadi ikan mas usai sang suami melanggar sumpah dan janji mereka, dan menyebabkan letusan gunung serta hujan badai hingga akhirnya membentuk perairan Danau Toba seperti saat ini.

Meskipun mitos, namun keberadaan Ikan Mas ini disebut benar-benar ada lho berdasarkan pengakuan nelayan setempat. Bahkan konon ikan mas raksasa berwarna perunggu itu disebut-sebut menjadi penyebab kejadian tenggelamnya kapal KM Sinar Bangun di tahun 2018 yang sempat menghebohkan itu, karena kapal yang disundul oleh sang ikan hingga terbalik.

4. Hantu Pencabut Nyawa

Petugas SAR saat menurunkan tim penyelam mencari korban tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara. (Foto: Basarnas)

Mungkin di antara rentetan mitos, ini yang paling seram. Konon di Danau Toba Sumatera Utara terdapat Hantu Begu Ganjang, yang disebut-sebut oleh masyarakat setempat sebagai ‘Malaikat Pencabut Nyawa’ dimana wisatawan yang diperlihatkan sosok tersebut, itu menjadi pertanda bahwa umurnya tak lagi lama. 

Mitos ini pun terus berkembang hingga banyak orang yang membuat konten video soal sosok hantu tersebut. Seperti dikutip akun YouTube PMGam, narasi dalam video tersebut menyebutkan hantu itu memiliki sosok yang tinggi.

5. Naga Raksasa

Danau Toba Sumatera Utara ( Foto: Istimewa)

Selain ikan mas raksasa, di kedalaman Danau Toba juga diyakini terdapat makhluk air misterius lainnya yakni seekor naga raksasa.

Ada banyak versi dari cerita terkait keberadaan makhluk mitologi tersebut. Namun rata-rata menyebut bahwa Naga Raksasa itu merupakan salah satu jelmaan Samosir, putra dari Toba dan wanita cantik yang dikutuk menjadi Ikan Mas.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT