Sejumlah warga mengikuti Fashion Week Medan di kawasan Kesawan. Kegiatan itu dilarang polisi karena mengganggu arus lalu lintas. (Foto: Antara)
Nani Suherni

JAKARTA, iNews.id - Kota terpadat di Sumatera Utara berada di Medan. Kota yang jadi pusat perekonomian ini dihuni lebih dari 2,43 juta orang.

Setiap tahunnya jumlah penduduk suatu daerah ada yang bertambah dan berkurang. Hal tersebut tercatat dalam sensus penduduk.

Berikut kota terpadat di Sumatera Utara;

1. Kota Medan

Wisata Seru di Kota Medan, Istana Mainum (Foto: Instagram/Istana mainoon)

Hasil sensus penduduk 2020 (SP2020) yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan Medan kota terpadat di Sumatera Utara. Sebaran penduduk di Sumatra Utara terkonsentrasi di Kota Medan dengan jumlah penduduk sebesar 2,43 juta orang atau 16,46 persen dari seluruh penduduk Sumatra Utara.

Secara rinci, penduduk Kota Medan berjenis kelamin laki-laki berjumlah 1,21 juta orang, sementara penduduk berjenis kelamin perempuan berjumlah 1,22 orang.

Adapun, luas Kota Medan hanya sebesar 0,35 persen dari luas wilayah Sumatra Utara atau sekitar 263 kilometer persegi. Kepadatan penduduk di kota Medan adalah 9.239 jiwa per kilometer persegi. Angka ini sekaligus menunjukkan Kota Medan merupakan Kota Terpadat di Sumut.

Dilihat dari angka tersebut, terjadi ketimpangan distribusi penduduk antara Kota Medan dengan wilayah lain di Sumut.

2. Deliserdang

Bandara Internasional Kualanamu Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara. (Foto: Antara/HO)

Kota terpadat di Sumatera Utara selanjutnya yakni Kabupaten Deli Serdang. Wilayah ini berbatasan sebelah Utara dengan Kabupaten Langkat dan Selat Malaka, sebelah Selatan dengan Kabupaten Karo dan Kabupaten Simalungun,sebelah Timur dengan Kabupaten Serdang Bedagai dan sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Karo dan Kabupaten Langkat.

Jumlah penduduk di 1,9 juta orang dengan luas wilayah  2.498 km. Kabupaten Deli Serdang memiliki posisi yang sangat strategis, karena berbatasan langsung dengan Selat Malaka,sebagai salah satu daerah lintas pelayaran paling sibuk didunia. Kabupaten ini mengelilingi 2 ( dua ) kota Utama di Sumatera Utara.

3. Langkat 

Puncak Akui Kabupaten Langkat

Selanjutnya ada kota terpadat di Sumatera Utara yakni Kabupaten Langkat. Wilayah ini diketahui luas kurang lebih 6.262,00 Km dengan jumlah penduduk 1 juta lebih. Wilayah ini memiliki 23 kecamatan. Masyarakat Langkat terdiri atas beragam suku dan agama. Langkat juga punya sederet objek wisata menarik seperti Tangkahan Eco Tourism, Bahorok dan Bukit Lawang.

4. Kabupaten Simalungun 

Kantor Bupati Simalungun. (Foto: Istimewa).

Di urutan keempat kota terpadat di Sumatera Utara diraih Kebupaten Simalungun. Daerah yang terkenal dengan lingkar Pariwisata Danau Toba ini memiliki luas wilayah 4.386,60 km dengan jumlah penduduk 990.246 orang. 
Banyak wisawatan uang memang datang ke Sumut karena ingin berkunjung ke daerah tersebut. Kabupaten yang terdiri dari 31 kecamatan dengan beragam destinasi menarik terutama terkait wisata alam.

5. Asahan

Logo Kabupaten Asahan

Kota terpadat di Sumatera Utara diurutan kelima yakni Asahan. Wilayah ini merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Sumatra Utara. Kabupaten ini beribu kota di Kisaran dan mempunyai wilayah seluas 3.732,97 km². Pada tahun 2020, penduduk Kabupaten Asahan sebanyak 769.960 jiwa.

Ibu kota terdahulu kabupaten Asahan yakni Tanjung Balai, yang kemudian dimekarkan menjadi kota otonom. Asahan merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang membentuk lembaga pengawas pelayanan umum bernama Ombudsman Daerah Asahan, melalui SK Bupati Asahan Nomor: 419-Huk/Tahun 2004, tanggal 20 Oktober 2004. Di era kolonial, wilayah ini disebut sebagai Assaban oleh orang Eropa.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT