Bobby Nasution Cup Digelar, 63 Tim Sepak Bola Berebut Hadiah Rp3 Miliar (Foto: Istimewa)
Wahyudi Aulia Siregar

MEDAN, iNews.id - Turnamen sepakbola Bobby Nasution (Bonas) Cup 2022 akan digelar mulai 3 Agustus 2022 mendatang. Sebanyak 63 tim sepak bola asal Sumatera Utara akan bertarung di kompetisi berhadiah total Rp3 miliar itu. 

Penanggung Jawab Pertandingan Bonas Cup 2022, Syuhada Fela Yuda, mengatakan agenda ini nantinya terbagi empat wilayah. Adapun keempat wilayah itu di antaranya yakni Medan, Labuhan Batu, Padang Sidempuan dan Sergai.

Masing-masing wilayah ada 16 tim kecuali satu wilayah yang hanya diisi 15 tim karena ada satu slot yang kosong. 

"Untuk penyisihan di Medan akan menggunakan Stadion USU Medan, Labuhan Batu Stadion Binaraga, Padang Sidempuan Stadion HM Nurdin dan Sergai lapangan Fajar Agung," kata Yuda, Minggu (31/7/2022). 

Untuk pembukaan kompetisi akan digelar pada Rabu 3 Agustus di Labuhan Batu. 

"Ada pertandingan pembuka grup peserta, dan juga pertandingan eksebisi dengan instansi pemerintah nantinya," tutur Yuda lagi. 

Sedangkan kick off secara serentak di empat wilayah akan dimulai pada Senin 8 Agustus 2022 mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Fadli Hariri selaku Komisi Pertandingan turut menerangkan jika masing-masing juara grup juga akan mendapatkan hadiah uang tunai.  

"Empat tim terbaik dari wilayah juga akan mendapatkan hadiah, di mana juara pertama mendapatkan Rp30 juta, terbaik kedua Rp20 juta, terbaik ketiga Rp10 juta dan peringkat keempat mendapatkan hadiah Rp5 juta," ujar Fadli.

Selanjutnya empat tim terbaik dari empat wilayah akan kembali bertanding di babak 16 besar. 

"Semua laga 16 besar akan berlangsung di Stadion Teladan dan juara pertama berhak meraih Rp 1 miliar, peringkat kedua Rp750 juta, peringkat ketiga Rp500 juta, dan peringkat keempat Rp250 juta. Serta pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak juga mendapatkan uang tunai dengan total seluruhnya Rp 3 miliar," ucap Fadli. 

Tak hanya perwakilan seluruh peserta,  manager meeting itu juga turut dihadiri pengawas pertandingan, Muhammad Umar yang merupakan mantan wasit nasional. 

Dalam manager meeting juga turut disepakati denda Kartu Kuning sebesar Rp300.000 dan Kartu Merah Rp700.000 untuk penyisihan grup. Sedangkan babak 16 besar peserta dikenakan denda Kartu Kuning sebesar Rp500.000 dan Kartu Merah Rp1 juta. 

Nominal denda tersebut diputuskan agar para peserta lebih mengedepankan permainan fair play di atas lapangan hijau. 

Sebelumnya, Ketua Panitia Bakhtiar Ahmad Sibarani, menjelaskan Bonas Cup merupakan pesta sepak bola yang digagas oleh Bobby Nasution. 

"Keterpanggilan beliau (Bobby Nasution) serta kecintaan beliau terhadap olahraga sepak bola di Sumut melatarbelakangi kompetisi ini digelar," ujar Bakhtiar. 

Didampingi Ade Jona Prasetyo sebagai Sekretaris dan Samuel Nababan sebagai bendahara, Bakhtiar juga menjelaskan alasan ketertarikan Bobby Nasution menghelat Bona Cup. 

"Sebagai putra daerah Sumut, Bobby Nasution ingin agar olahraga sepak bola dihidupkan kembali setelah sempat terhenti akibat pandemi selama dua tahun lamanya," ujar Bakhtiar.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT