Danau Toba di wilayah Kabupaten di Sumatera Utara, (Foto: iNews)
Nani Suherni

JAKARTA, iNews.id - Kabupaten di Sumatera Utara berjumlah 25 wilayah. Sementara jumlah kota di provinsi ini berjumlah delapan wilayah.

Sumatera Utara merupakan provinsi keempat terluas jumlah penduduknya di Indonesia setelah Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Total Sumatera utara memiliki 33 kabupaten/kota.

Dari 25 Kabupaten di Sumatera Utara, ada salah satu wilayah yang dikategorikan terluas di provinsi tersebut.

Berikut Kabupaten di Sumatera Utara;

1.  Kabupaten Asahan

Kabupaten di Sumatera Utara pertama yakni Asahan. Kabupaten ini beribu kota di Kisaran dan mempunyai wilayah seluas 3.732,97 km². Ibu kota terdahulu kabupaten Asahan yakni Tanjung Balai, yang kemudian dimekarkan menjadi kota otonom. 

Asahan merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang membentuk lembaga pengawas pelayanan umum bernama Ombudsman Daerah Asahan, melalui SK Bupati Asahan Nomor: 419-Huk/Tahun 2004, tanggal 20 Oktober 2004. Di era kolonial, wilayah ini disebut sebagai Assaban oleh orang Eropa. Pada tahun 2021, penduduk Kabupaten Asahan sebanyak 777.626 jiwa

2. Kabupaten Batu Bara

Kabupaten ini diresmikan pada tanggal 15 Juni 2007, bersamaan dengan dilantiknya Penjabat Bupati Batu Bara, Sofyan Nasution.

Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Asahan dan beribu kota di kecamatan Lima Puluh. Kabupaten Batu Bara yakni salah satu dari 16 kabupaten dan kota baru yang dimekarkan pada dalam kurun tahun 2006. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik kabupaten Batubara 2021, penduduk kabupaten ini pada tahun 2020 berjumlah 410.678 jiwa dengan kepadatan 454 jiwa/km2. 

3. Kabupaten Dairi 

Kabupaten di Sumatera Utara merupakan salah satu dari 33 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatra Utara dengan luas wilayah 192.780 hektare, yaitu sekitar 2,69 persen dari luas provinsi Sumatra Utara (7.160.000 hektare) yang terletak di sebelah barat laut Provinsi Sumatra Utara. Pada umumnya Kabupaten Dairi berada pada ketinggian rata-rata 700-1.250 m di atas permukaan laut, dengan 15 kecamatan. Jumlah penduduk kabupaten Dairi akhir tahun 2021 adalah sebanyak 318.616 jiwa.

4.  Kabupaten Deliserdang

Dahulu, wilayah ini disebut Kabupaten Deli dan Serdang, dan pemerintahannya berpusat di Kota Medan. Dalam sejarahnya, sebelum kemerdekaan Republik Indonesia, wilayah ini terdiri atas dua pemerintahan yang berbentuk kerajaan (kesultanan) yaitu Kesultanan Deli berpusat di Kota Medan, dan Kesultanan Serdang berpusat di Perbaungan.

Bandar udara baru untuk Kota Medan yang menggantikan Polonia, yakni Bandara Kuala Namu, terletak di kabupaten ini, tepatnya berada di kecamatan Beringin.

5. Kabupaten Humbang Hasundutan

Menurut data tahun sensus Penduduk 2010 penduduknya berjumlah 171.650 jiwa dan diakhir tahun 2020, penduduknya berjumlah 197.751 jiwa. Motto daerah kabupaten ini adalah Bona pasogit nauli yang dalam bahasa Batak Toba berarti "Kampung halaman kita yang indah".

6. Kabupaten Karo

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kampung Jeruk, Desa Kutambelin, Liang Melas Datas, Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Karo, Jum`at (4/2/2022). (Foto: Biro Setpres)

Kabupaten Karo berlokasi di dataran tinggi Karo, Bukit Barisan Sumatra Utara. Terletak sejauh 77 km dari kota Medan, ibu kota Provinsi Sumatra Utara. Wilayah Kabupaten Karo terletak di dataran tinggi dengan ketinggian antara 600 sampai 1.400 meter di atas permukaan laut. 

Berada di ketinggian tersebut, Tanah Karo Simalem, nama lain dari kabupaten ini mempunyai iklim yang sejuk dengan suhu berkisar antara 16 sampai 17° C.  Salah satu daerah ini sempat viral karena pernah mengirim 3 ton jeruk ke Presiden Joko Widodo.

7. Kabupaten Labuhanbatu

Kabupaten di Sumatera Utara berikutnya ada Labuhanbatu. Wilayah ini terkenal dengan hasil perkebunan kelapa sawit dan karet. Kabupaten Labuhanbatu juga berada di jalur lintas timur Sumatera dan berada pada persimpangan menuju provinsi Sumatera Barat dan Riau.

8. Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Usai kabupaten ini tergolong muda. Wilayah ini baru dimekarkan pada tahun 2008. Saat itu merupakan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Usianya yang masih remaja, Kabupaten di Sumatera Utara ini baru dipimpin tiga bupati.

9. Kabupaten Labuhanbatu Utara

Sama dengan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, wilayah ini juga baru dimekarkan di tahun 2008. Jauh sebelum merdeka, rupanya ada empat kesultanan di wilyah ini. Rinciannya, Kesultanan Kota Pinang yang berkedudukan di Kota Pinang, Kesultanan Kualuh berkedudukan di Tanjung Pasir, Kesultanan Bilah berkedudukan di Negeri Lama kemudian Kesultanan Panai berkedudukan di Labuhanbilik.

10. Kabupaten Langkat

Laporan kerangkeng manusia di rumah bupati Langkat

Kabupaten di Sumatera Utara ini merupakan wilayah berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh. Nama Langkat sempat viral lantaran kasus penemuan kerangkeng manusia di rumah pribadi mantan Bupati nonaktif Langkat, Terbit Rencana Perangin-angin. 

Saat ini, Langkat sudah dijawab 11 bupati. Pariwisata yang terkenal di wilayah ini yakni Bukit Lawang.  Tempatr tersebut masuk dalam lingkup Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan daerah konservasi terhadap mawas orang utan. Pusat rehabilitasi orangutan Bukit Lawang didirikan pada tahun 1973. Tujuan utamanya adalah untuk melestarikan populasi orangutan yang semakin berkurang akibat perburuan, perdagangan dan deforestasi. 

11. Kabupaten Mandailing Natal

Sebelum Mandailing Natal menjadi sebuah kabupaten, wilayah ini masih termasuk Kabupaten Tapanuli Selatan. Setelah terjadi pemekaran, dibentuklah Kabupaten Mandailing Natal berdasarkan Undang-undang Nomor 12 tahun 1998, secara formal diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 23 November 1998.

12. Kabupaten Nias

Jokowi Beli Pisang di Pasar Alasa, Nias Utara, Sumut (Foto: Istimewa)

Kabupaten di Sumatera Utara ini baru beberapa bulan lalu dikunjungi Presiden Joko Widodo. Sejak tahun 2016, ibu kota Kabupaten Nias berada di Gido yang sebelumnya ada di kota Gunungsitoli (1956-2016), yang sudah dimekarkan menjadi kota.

13. Kabupaten Nias Barat

Kabupaten Nias Barat berdiri pada tanggl 26 November 2008. Kemudia Kabupaten ini diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto. Pada 26 Mei 2009 wilayah ini resmi sebagai salah satu hasil pemekaran dari Kabupaten Nias.

14. Kabupaten Nias Selatan 

Sebelumnya wilayah ini bagian dari Kabupaten Nias. Status otonom diperoleh pada 25 Februari 2003 dan diresmikan pada 28 Juli 2003. Kabupaten ini terdiri dari 104 gugusan pulau besar dan kecil. Letak pulau- pulau itu memanjang sejajar Pulau Sumatra. Panjang pulau-pulau itu lebih kurang 60 kilometer, lebar 40 kilometer. 

15. Kabupaten Nias Utara

Pada 29 Oktober 2008 wilayah ini ditetapkan sebagai salah satu hasil pemekaran dari Kabupaten Nias.  Awal diresmikan, Pemerintah Kabupaten Nias Utara dipimpin oleh Edward Zega sebagai Bupati dan Fangato Lase sebagai Wakil Bupati.

16. Kabupaten Padang Lawas

Kabupaten di Sumatera Utara, Padang Lawas resmi berdiri berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 38 Tahun 2007, tepatnya pada tanggal 10 Agustus 2007, bersamaan dengan dibentuknya Kabupaten Padang Lawas Utara, menyusul RUU yang disetujui pada 17 Juli 2007. Ibu kota kabupaten ini adalah Sibuhuan. Kepala daerah yang pertama kali memimpin di Kabupaten Padang Lawas adalah Ir. Soripada Harahap, sebagai penjabat bupati. 

17. Kabupaten Padang Lawas Utara

Padang Lawas Utara merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan pada tahun 2007, sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 37 tahun 2007, tentang Pembentukan Kabupaten Padang Lawas Utara. Ibu kota kabupaten ini berada di Gunung Tua. Pada tahun 2021, kabupaten Padang Lawas Utara memiliki jumlah penduduk sebanyak 269.845 jiwa, dengan kepadatan 69 jiwa/km².

18. Kabupaten Pakpak Bharat

Kabupaten Pakpak Bharat merupakan pemekaran daerah dari Kabupaten Dairi. Hingga kini,  Pakpak Bharat sudah dipimpin lima bupati. 

Disebutkan jika penduduk awal daerah Pakpak adalah orang-orang yang bernama Simargaru, Simorgarorgar, Sirumumpur, Silimbiu, Similang-ilang, dan Purbaji. Dalam lapiken/laklak (buku berbahan kulit kayu) disebutkan penduduk pertama daerah Pakpak adalah pendatang dari India yang memakai rakit kayu besar yang terdampar di Barus. Persebaran orang-orang Pakpak Boang dari daerah Aceh Singkil ke daerah Simsim, Keppas, dan Pegagan. 

19. Kabupaten Samosir

Kementerian PUPR meningkatkan kualitas rumah warga di Pulau Samosir, Sumut untuk dijadikan homestay di kawasan wisata Danau Toba. (foto: Kementerian PUPR)

Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Toba sesuai dengan UU RI Nomor 36 Tahun 2003 pada tanggal 18 Desember 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai.

Pulau Samosir yang berada di tengah-tengah Danau Toba, merupakan lokasi di Kabupaten Samosir yang menyediakan wisata adat Batak Toba. Peninggalan budaya Batak Toba, museum Batak, tempat pembuatan kain adat Ulos, pantai danau, pertunjukan Tari Tortor, kuliner khas Batak Toba, pertunjukan Sigale gale, bisa ditemukan di Kabupaten Samosir.

20. Kabupaten Serdang Bedagai

Kabupaten di Sumatera Utara ini baru dimekarkan dari Kabupaten Deli Serdang sesuai dengan UU RI Nomor 36 Tahun 2003 pada tanggal 18 Desember 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri. 

21. Kabupaten Simalungun

Kabupaten ini merupakan rumah bagi suku Batak Simalungun. Ibu kota kabupaten telah resmi berpindah ke Raya pada tanggal 23 Juni 2008 dari Kota Pematangsiantar yang telah menjadi daerah otonom, setelah tertunda selama beberapa waktu.

Wilayah ini merupakan salah satu lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia yang dikenal dengan nama Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei. KEK ini difokuskan untuk industri kelapa sawit dan disambungkan ke Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung di Kabupaten Batu Bara.

22. Kabupaten Tapanuli Selatan

Kabupaten ini dilintasi oleh pegunungan Bukit Barisan, sehingga diseluruh penampakannya pasti terlihat bukit di mana-mana. Kabupaten ini masih memiliki daerah reservasi air di kawasan hutan Batang Toru yang masih kaya akan flora dan fauna yang sudah langka seperti kancil, rusa, kelinci, harimau, kucing hutan, tapir, anggrek hutan dan lain-lain.

23. Kabupaten Tapanuli Tengah

Kabupaten di Sumatera Utara ini berada di pesisir barat Sumatra Utara. Mayoritas penduduknya suku Batak, khususnya Batak Toba, dan juga suku Melayu Pesisir. Ada juga sebahagian lagi Batak Mandailing, Batak Angkola, Batak Simalungun, Batak Karo dan Batak Dairi. Suku pendatang lainnya yang mendiami Tapanuli Tengah cukup beragam seperti Minangkabau, Nias, Jawa, Aceh, Singkil, Tionghoa, dan suku lainnya.

24. Kabupaten Tapanuli Utara

Kabupaten Tapanuli Utara terdiri dari 15 kecamatan, dengan 11 kelurahan dan 241 desa. Batak Toba yang merupakan suku asli dan dominan di Tapanuli Utara, memengaruhi pada Bahasa komunikasi yang digunakan dalam kehidupan bermasyarakat.

Kabupaten Tapanuli Utara memiliki beberapa tempat wisata. Salah satu yang paling terkenal adalah wisata Salib Kasih. Sebagai kawasan yang mayoritas memeluk agama Kristen, kawasan ini sering dijadikan sebagai wisata rohani, baik dari daerah maupun wisatawan mancanegara.

25. Kabupaten Toba

Kabupaten Toba merupakan satu dari tujuh kabupaten yang mengelilingi Danau Toba, yaitu danau terluas di Indonesia. Pada tanggal 3 Maret 2020, Kabupaten Toba Samosir berubah nama menjadi Kabupaten Toba melalui Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2020 tentang perubahan nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba di Sumatera Utara.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT