Ilustrasi Kopi Terbaik di Sumut (Foto: Antara)
Reza Rizki Saputra

JAKARTA, iNews.id - Kopi terbaik di Sumatera Utara (Sumut) yang akan dibahas kali ini bisa menjadi rekomendasi Anda. Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Jenis kopi yang terdapat di daerah ini yakni kopi arabika dan robusta, yang aroma nikmatnya sudah dikenal hingga ke luar negeri seperti Amerika, Jepang, Korea, Belanda, Jerman, dan China. Kenikmatan kopi dari Sumatera Utara didukung oleh teksturnya yang halus serta cita rasanya yang khas dan kompleks dibandingkan dengan jenis kopi lainnya.

Sumatera Utara dikatakan menjadi daerah penghasil kopi terbaik karena daerahnya didominasi pegunungan yang cocok untuk ditanami biji kopi. Salah satunya, kopi Arabika yang akan tumbuh subur di ketinggian 600 hingga 2000 meter di atas permukaan laut yang dingin serta memerlukan kelembaban. Tekstur tanah yang baik serta pancaran sinar matahari yang cukup juga menjadi faktor yang mempengaruhi juga. 

Berikut kopi terbaik di Sumut yang wajib kalian coba:

Kopi Sidikalang

Terletak di kawasan Bukit Barisan dengan kawasan yang sejuk dingin serta tanah yang subur, membuat Sidikalang mampu menghasilkan salah satu kopi terbaik di Indonesia. Kopi ini dihasilkan di daerah Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara dan masih diproses secara tradisional sehingga membuat kopi Sidikalang memiliki citra rasa yang yang pahit dan khas serta berbeda dengan kopi lainnya. 

Daerah Sidikalang dikenal sebagai penghasil biji kopi Robusta terbaik yang memiliki kadar kafein tinggi, yaitu mencapai 70-80 persen, sehingga cocok untuk menemani kamu bekerja lembur sebagai penghalau rasa kantuk.

Kopi Mandailing

Sejak tahun 1980-an, kopi Mandailing telah dikenal sebagai salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi Mandailing pertama kali ditanam di Kawasan Mandailing Natal, tepatnya di daerah Pekantan. Akan tetapi kalian juga dapat menemukan perkebunan kopi mandailing di kawasan Mandailing Natal lainnya seperti di Desa Simpang Banyak dan Desa Pagur, serta kawasan lainnya seperti di Tapanuli, Pakpak, serta Tanah Karo. 

Kopi Mandailing memiliki cita rasa khas yang digemari oleh para pecinta kopi dunia. Kopi Mandailing memiliki tingkat keasaman yang rendah serta tingkat kekentalan yang tinggi. Kebanyakan jenis kopi yang paling disukai dari kopi Mandailing yakni kopi arabika.

Kopi ini biasanya disajikan dengan cara berbeda dari yang lain, yakni menggunakan batok kelapa atau yang biasa disebut sebagai kopi takar. 

Kopi Sipirok

Sipirok merupakan kota kecil yang ada di Tapanuli Tengah. Tak hanya terkenal dengan beberapa objek wisata yang ada, kopi Sipirok juga patut kalian coba. Menurut beberapa pendapat dari pecinta kopi, kopi Sipirok bukan hanya kopi biasa, akan tetapi kandungannya jauh dari asam. 

Biji kopi Sipirok tergolong sebagai ‘kopi spesial’ (Specialty Coffee) karena memiliki cita rasa unik dengan campuran rasa lemon tea, rempah-rempah serta gula aren. Salah satu hal yang membanggakan dari kopi ini yaitu kopi Sipirok pernah mendapatkan penghargaan internasional sebagai “The World’s Finest Unwashed Arabica”.

Kopi Lintong

Lintong Ni Huta merupakan nama dari sebuah daerah di Kabupaten Humbang Hasundutan tempat dimana tanaman kopi tersebut dapat tumbuh subur. Karena berasal dari sana, maka Kopi Lintong menjadi identitas dari kopi arabika yang satu ini.

Kualitas Kopi Lintong telah sangat terkenal hingga ke mancanegara dan menjadi trade mark pasaran internasional dengan nama Sumatera Linthong Arabica Coffee. Sehingga banyak disukai oleh para pecinta kopi.

Kopi Tarutung

Kopi terbaik di Sumatera Utara yang terakhir adalah Kopi Tarutung. Kopi ini dihasilkan dari daerah Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara dan sudah diakui kualitasnya sebagai kopi terbaik di dunia.

Masyarakat daerah Tarutung, hingga saat ini banyak yang menjadi petani kopi. Kopi yang dihasilkan dari wilayah Tarutung, Tapanuli ini memang sangat khas dengan kualitasnya yang sangat baik. Biji kopinya memiliki ukuran yang pas dengan buah utuh. 

Kopi Tarutung umumnya terbagi menjadi dua jenis yaitu kopi arabika dan robusta.  Kopi Tarutung didominasi dengan rasa pahit, gurih, dan sedikit asam. Uniknya, aroma kopi ini pun sangat spesial, dengan wangi yang berbeda-beda karena terpengaruh oleh berbagai tanaman yang tumbuh di sekitarnya.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT