Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha saat meberikan keterangan pers terkait pengungkapan kasus narkoba di Kota Tanjungbalai. (Foto: istimewa)
Stepanus Purba

MEDAN, iNews.id - Personel Satres Narkoba Polres Tanjungbalai berhasil mengungkap sebanyak 37 kasus narkoba di Kota Tanjungbalai selama periode 1 Januari hingga 8 Februari 2021. Sebanyak 48 orang tersangka berhasil diamankan petugas dan tiga di antaranya masih anak di bawah umur. 

Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira mengatakan dari 48 delapan orang tersangka yang diamankan terdiri dari 40 orang laki-laki dewasa, lima orang perempuan dewasa, dan tiga orang anak laki-laki. 

"Sementara itu, barang bukti yang kami amankan dalam operasi selama satu bulan ini sebanyak 210,36 gram sabu, ekstasi lima butir, dan ganja seberat 4,90 gram," kata Putu, Rabu (10/2/2021). 

Putu mengatakan dari 37 kasus yang berhasil diungkap Polres Tanjungbalai, empat kasus di antaranya cukup menonjol. Kasus pertama yang cukup menonkol yakni penangkapan pasangan suami istri berinisi SH dan NR di Jalan Anwar Idris, Kelurahan Gading, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai, Jumat (22/1/2021). 

"Dari tangan kedua tersangka, kami berhasil menyita barang bukti 2,63 gram sabu dan uang tunai sebesar Rp1,04 juta," ujar Putu. 

Dari interogasi terhadap kedua tersangka, mereka mengaku memperoleh barang tersebut dari kakak ipar SH, berinisial LL (32), warga Kelurahan Selat Tanjung Medan, Kecamatan Datuk Bandar Timur Kota Tanjung Balai. 

"Dari penangkapan LL, ditemukan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu seberat 18,82 gram yang disembunyikan di dalam boneka," katanya. 

Kedua, penangkapan seorang pria berinisial JS alias Iteng pada Rabu (27/1/2021) di Kelurahan Kuala Silau Bestari, Kecamatan Tanjung Balai Utara Kota Tanjung Balai dengan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 3,24 gram. 

Ketiga, MD, EI, dan YR ditangkap pada Minggu (31/1/2021) ditangkap di dalam kamar di sebuah penginapan di Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, dengan barang bukti sabu-sabu 0,89 gram serta alat isap sabu. 

Terakhir, penangkapan pada Kamis (4/2/2021) di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjung Balai. Tersangka berinisial Z, MA, dan MD alias Pakde.

"Para tersangka ditangkap pada malam hari di dalam rumah tersangka Z. tersangka Z yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang kusuk (pijat) badan. Barang buktinya seberat 99,88 gram," katanya. 


Editor : Stepanus Purba

BERITA TERKAIT