2 Kapal Tabrakan di Perairan Sibolga, Nakhoda Tewas dan 6 ABK Luka-Luka

Sindonews, Sartana Nasution ยท Senin, 24 Agustus 2020 - 10:33 WIB
2 Kapal Tabrakan di Perairan Sibolga, Nakhoda Tewas dan 6 ABK Luka-Luka
Kondisi dua kapal yang bertabrakan di alur pelayaran pintu I Navigasi, perairan laut Sibolga, Minggu (23/8/2020) malam. (Foto: SINDOnews/Sartana Nasution)

SIBOLGA, iNews.id - Kecelakaan laut terjadi antara Kapal Motor Penumpang (KMP) Wira Glory dengan kapal nelayan KM Sinar Mas Jaya GT 48 Nomor 3118/PPB di alur pelayaran pintu I Navigasi, perairan Sibolga, Minggu (23/8/2020) malam. Dalam peristiwa ini, satu orang tewas dan enam lainnya terluka.

Identitas korban tewas yakni nakhoda III KM Sinar Mas Jaya Miswar Matondang (42) warga Jalan SM Raja, Gang Sihopo-hopo, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sumatera Utara. Sementara korban luka yaitu Darwis, Sibuea, Fitra, Lubis, Udin, Silalahi. Mereka merupakan anak buah kapal (ABK) KM Sinar Mas Jaya.

Selain korban jiwa dan luka, KM Sinar Jaya Mas mengalami kerusakan pada bagian rumah-rumah dan buritan kapal serta mesin mati dengan nilai kerugian diperkirakan Rp700 juta.

Kasubbag Humas Polres Sibolga Iptu R Sormin mengatakan, peristiwa kecelakaan itu berawal ketika KM Sinar Mas Jaya yang membawa 24 ABK berangkat dari Tangkahan Perikanan Beringin di Jalan KHA Dahlan dengan tujuan untuk melaut Minggu (23/8/2020) pukul 20.00 WIB. Kapal nelayan ini dinakhodai Dangol Silalahi. 

Namun setiba di alur pelayaran pintu I Navigasi perairan laut Sibolga, terjadi benturan dengan KMP Wira Glory yang datang dari arah Pulau Nias. Kedua kapal ini bertabrakan.

"Untuk korban meninggal dunia telah dibawa ke RSU Metta Medika Kota Sibolga dan selanjutnya dibawa ke RSU DR FL Tobing Kota Sibolga untuk keperluan visum," katanya.

KMP Wira Glory diketahui dinakhodai NM (55) warga Desa Manembo-Nembo Atas, Kecamatan Matuari, Kota Bitung, Provinsi Bangka Belitung. Kasus kecelakaan laut ini masih dalam penyelidikan Satpolair Polres Sibolga, Polairud Baharkam Polri dan Reskrim Polres Sibolga. 


Editor : Donald Karouw