2 Warga Diamankan karena Bawa Bangkai Babi, Polisi: Masih Diperiksa sebagai Saksi

Stepanus Purba ยท Rabu, 20 November 2019 - 17:29 WIB
2 Warga Diamankan karena Bawa Bangkai Babi, Polisi: Masih Diperiksa sebagai Saksi
Warga membersihkan bangkai babi di Danau Siombak beberapa waktu lalu (Foto: iNews/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Petugas masih periksa intensif dua warga yang diamankan di Polsek Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara karena kedapatan membawa bangkai babi yang diduga akan dibuang ke sungai. Keduanya kini masih berstatus saksi.

Kedua saksi tersebut yakni Sinar Hati Bulolo (59) warga Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan dan Hormat Sianturi (65) warga Jalan Mega, Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan.

Untuk penentuan status masih kita dalami lagi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Untuk unsur pidana juga masih terus didalami," kata Humas Polsek Sunggal, Aiptu Rony B Sembiring, Rabu (20/11/2019).

Guna mengantisipasi aksi pembuangan bangkai babi ke sungai, polisi menggandeng masyarakat untuk menggelar patroli bersama, agar jangkauan lebih luas. "Bahkan di wilayah yang agak rawan seperti di Desa Helvetia, kepala dusun dan masyarakat kita libatkan untuk melaksanakan patroli bersama," katanya.

Rony mengatakan patroli yang dilakukan dinilai cukup efektif. Terbukti dengan semakin berkurangnya bangkai babi yang ada di alirasn sungai. Masyarakat juga sudah diimbau secara sukarela menyerahkan bangkai babi.

Pihak Kecamatan Labuhan Deli bahkan sudah membuatkan kuburan massal bangkai babi yang terletak di Desa Helvetia Tanah Garapan. Di sana ada posko tempat pembuangan bangkai babi yang akan dikuburkan.

"Kita juga imbau kalau masyarakat menemukan warga yang sengaja membuang bangkai ke sungai untuk segera lapor ke Polsek Sunggal," kata Rony.

Sebelumnya, dalam sepekan terakhir Polsek Sunggal sudah mengamankan dua orang masyarakat yang diduga akan membuang bangkai babi terkena wabah hog cholera ke aliran sungai.

Sinar Hati Bulolo (59) warga Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan diamankan polisi saat akan membuang bangkai babi di Desa Helvetia, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, Minggu (17/11/2019). Dua bangkai babi yang dibawanya diamankan polisi.

Lalu dua hari berselang, Hormat Sianturi (65) ditangkap Tim Pegasus Polsek Sunggal, Selasa (19/11/2019) malam, pukul 22.30 WIB. Dia berdalih akan menguburkan bangkai babi di belakang rumah, dengan alasan lokasi penguburan penuh.


Editor : Umaya Khusniah