20.000-an Kursi Masih Kosong, PPDB Tingkat SMA di Sumut Akan Dibuka Kembali

Ahmad Ridwan Nasution ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 12:11 WIB
20.000-an Kursi Masih Kosong, PPDB Tingkat SMA di Sumut Akan Dibuka Kembali
Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN,iNews.id - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) Sumatera Utara (Sumut) sudah diumumkan pada Senin (29/6/2020) lalu. Meski sudah diumumkan, Dinas Pendidikan memutuskan membuka kembali pendaftaran online tersebut.

Hal ini karena masih ada 20.000-an kuota kursi untuk peserta didik tingkat SMA Negeri sederajat yang belum terisi. Untuk menindaklanjuti putusan ini, Dinas Pendidikan Sumut akan menggelar rapat teknis.

"Kami perkirakan ada 20.000-an kuota yang belum terisi. Nanti kami rapat teknis dengan opsi membuka kembali pendaftaran PPDB untuk mengisi kuota yang kurang," kata Plt Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis, Kamis (2/7/2020).

Arsyad mengatakan, dengan pembukaan PPDB tahap dua, nantinya seluruh calon peserta didik ditingkat SMA bisa kembali mendaftar untuk mengisi kuota yang belum terisi.

"Untuk mekanisme pendaftaran dengan metode online seperti PPDB tahap pertama," kata Arsyad.

Terkait dengan protes sejumlah orang tua siswa terkait proses PPDB tahap pertama, Arsyad meminta untuk disampaikan langsung kepada panitia PPDB. Keberatan orang tua siswa nantinya akan diproses secara adil untuk mengetahui di mana letak kesalahan yang terjadi.

"Panitia akan menampung dan membahas. Kalau kesalahan datang dari panitia, maka akan diproses secara adil. Namun sebaliknya, jika kesalahan datang dari anak, maka orang tua juga wajib menerima," ujarnya.


Editor : Stepanus Purba