29 Daerah di Sumut Penuhi Syarat Vaksinasi Covid-19 Booster

Antara ยท Kamis, 13 Januari 2022 - 17:36:00 WIB
29 Daerah di Sumut Penuhi Syarat Vaksinasi Covid-19 Booster
Vaksinasi Covid-19. (Foto: Reuters)

MEDAN, iNews.id - Sebanyak 29 kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) sudah memenuhi kriteria untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 booster. Jumlah tersebut bertambah dari sebelumnya hanya 11 daerah yang memenuhi syarat. 

"Sebelumnya hanya 11 kabupaten dan kota. Sekarang sudah 29 kabupaten dan kota di Sumut yang bisa melaksanakan vaksinasi booster," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis di Medan, Kamis (13/1/2022).

Ismail mengatakan penambahan jumlah tersebut menyusul adanya perubahan syarat bagi daerah untuk pelaksanaan vaksinasi booster. Saat ini seluruh petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi booster sudah diterima oleh Kemenkes. 

"Sebelumnya disampaikan harus tercapai 70 persen vaksinasi umum dosis satu dan 60 persen dosis dua, namun kini berubah menjadi capaian vaksinasi umum dosis satu minimal 70 persen dan vaksinasi lansia harus 60 persen," ucapnya. 
 
Dari total 33 kabupaten dan kota di Sumut hanya empat kabupaten dan kota yang belum memenuhi persyaratan untuk menggelar vaksinasi booster.
 
"Keempat kabupaten dan kota tersebut yakni Medan, Deli Serdang, Padangsidempuan, dan Padang Lawas," ujarnya.
 
Ismail mengatakan bahwa vaksinasi booster ini gratis untuk seluruh masyarakat sesuai instruksi Presiden, dengan kategori usia di atas 18 tahun ke atas.
 
"Bagi masyarakat Sumut, jika sudah divaksin I dan II lebih enam bulan, maka kami anjurkan untuk booster terutama lansia," ujarnya.

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: