345 Pasien Covid-19 di Sumut Berhasil Sembuh Usai Dirawat di Ruang Tekanan Negatif

Ahmad Ridwan Nasution ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 14:12:00 WIB
345 Pasien Covid-19 di Sumut Berhasil Sembuh Usai Dirawat di Ruang Tekanan Negatif
Ruang isolasi bertekanan negatif RSUP Haji Adam Malik Medan (Foto : iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Sebanyak 345 pasien Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) berhasil sembuh setelah menjalani perawatan di ruang isolasi bertekanan negatif Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan. Ruangan khusus ini memiliki keunggulan dalam penanganan pasien Covid-19 secara maksimal.

“Sejak diaktifkannya ruang isolasi bertekanan negatif milik RSUP Haji Adam Malik Medan, jumlah pasien yang sembuh tercatat sebanyak 345 orang,”” ujar Koordinator Tim Penanganan Covid-19 RSUP Adam Malik Medan, dr Ade Rahmaini, Kamis (15/10/2020).

Menurut dr Ade Rahmaini, sejak bulan Maret 2020 lalu, sebelum adanya ruang isolasi khusus bertekanan negatif ini, mereka telah menerima pasien positif Covid-19 sebanyak 740 orang. Dari jumlah tersebut, 345 orang pasien dinyatakan berhasil sembuh dan 54 lainnya dengan gejala berat meninggal dunia.

“Dengan dibangunnya ruangan bertekanan negatif ini, tentunya jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 meningkat,”kata Ade Rahmaini.

Menurut Ade, keunggulan ruangan yang menggunakan standar operasional prosedur penanganan Covid-19 ini, memiliki suhu udara yang tetap bersih dan steril agar tidak terjadi penularan atau penyebaran Covid-19 di dalam ruang isolasi, serta tenaga kesehatan dapat lebih fokus mengobati pasien hingga sembuh.

Koordinator Tim Penanganan Covid-19 Rumah Sakit Adam Malik Medan ini juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara khususnya Kota Medan, agar mematuhi protokol kesehatan 3M, memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.


Editor : InewsTv Henri