4 Komplotan Pencurian Spesialis Perusahaan Ditembak Polda Sumut

Ahmad Ridwan Nasution ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 13:41:00 WIB
4 Komplotan Pencurian Spesialis Perusahaan Ditembak Polda Sumut
Keempat pelaku usai mendapatkan perawatan di RS Bhayangkara Medan. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id- Personel Subdit III Jatanras, Direktorat Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Sumatera Utara (Sumut) mengamankan empat dari lima orang komplotan perampokan perusahaan. Petugas memberikan tindakan tegas dan terukur kepada keempat tersangka karena melawan petugas saat akan diamankan.

Direktur Dirkrimum Polda Sumut, Kombes Pol Irwan Anwar mengatakan keempat tersangka merupakan buronan petugas terkait pembobolan brankas Koperasi CU Rapsaurma di Jalan Lintas Sumatera Km 110 Desa Pematang Panjang Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara, Senin (21/9/2020). Saat itu, komplotan ini berhasil membawa kabur uang tunai sebesar Rp520,471 juta.

"Dari lima orang, empat orang berhasil diamankan yakni Tunggul H Sihombing, Thamrin Ompusunggu Alias Rittik, Mulia Pakpahan, dan Toni Warianto Sihotang. Sedangkan satu orang masih buron yakni S alias JB," kata Irwan, Kamis (15/10/2020).

Dalam beraksi, Irwan mengatakan kelima tersangka memiliki peran yang berbeda. Tersangka Tunggul berperan sebagai eksekutor pembongkar pintu ruangan brankas dan juga ikut mengambil uang. Sementara, Thamrin berperan melumpuhkan dan menyekap sekuriti hingga berpura-pura menyamar sebagai sekuriti.

Untuk tersangka Mulia sebagai eksekutor mengambil uang diberangkas dan tersangka Toni sebagai sopir. "Tersangka S Alias JB bertindak memukul kepala sekuriti dan juga mengambil uang di brankas," ucapnya.

Sebelum masuk ke kantor, tersangka terlebih dahulu mematikan bohlam yang menerangi halaman depan kantor koperasi. "Usai mematikan bolham, para pelaku kemudian menyekap dan mengikat serta memukul kepala sekuriti bernama Joharman Batuara dengan linggis,” ujarnya.

Selain beraksi di Batubara, komplotan ini juga merupakan dalang dari perampokan di Kantor BPR, Jalan Pantai Labu Desa Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deliserdang. Dari aksi tersebut para pelaku menggondol Rp120 juta.

"Dari pengakuan para pelaku, uang hasil kejahatannya digunakan untuk foya-foya. Sebagian untuk membantu keluarga hingga para pelaku menggunakan narkoba," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba