5 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Belum Banyak Diketahui, Ada Banyak Situs Bersejarah

Inas Rifqia Lainufar · Rabu, 17 Agustus 2022 - 22:29:00 WIB
5 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Belum Banyak Diketahui, Ada Banyak Situs Bersejarah
Tempat wisata di Sumatera Utara yang belum banyak diketahui. Pantai SIgurgur (Foto: Instagram Pantai Sigurgur)

JAKARTA, iNews.id - Inilah sederet tempat wisata di Sumatera Utara yang belum banyak diketahui. Beberapa dari destinasi wisata ini berlokasi di tempat yang cukup terpencil, sehingga rutenya terbilang cukup sulit untuk ditempuh.

Meskipun masih belum banyak dikunjungi wisatawan, sejumlah tempat wisata berikut akan memberikan pengalaman yang mengesankan bagi para pengunjung. Beberapa di antaranya bahkan menyimpan situs-situs bersejarah.

Adapun tempat wisata di Sumatera Utara yang belum banyak diketahui adalah sebagai berikut.

Tempat wisata di Sumatera Utara yang belum banyak diketahui

1.Wisata Alam Kotarih

Di Kotarih, kamu akan disajikan dengan pemandangan alam berupa air terjun dan sungai. Kamu bisa berenang dan bermain air di wisata alam tersebut yang banyak dikelilingi pepohonan rindang.

Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Perbahingan, Kotarih, Serdang Bedagai. Jadi, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 31 menit jika berangkat dari pusat kota Medan.

Untuk memasuki tempat wisata di Kotarih, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000 per orang sebagai biaya membeli tiket masuk. Sedangkan jika membawa kendaraan pribadi, terdapat biaya parkir sebesar Rp3.000 sampai Rp5.000.

2.Pantai Sigurgur

Selain di Kotarih, kamu juga bisa bermain air di pantai Sigurgur. Destinasi wisata ini berlokasi di Dusun Cinta Dame, Desa Simarmata, Simanindo, Samosir. 

Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air laut yang biru dan pasir yang halus dan berwarna putih. Terdapat sejumlah rumah makan yang menjual aneka olahan laut yang juga bisa kamu kunjungi di sekitar pantai.

Kamu pun tak perlu membayar biaya sepeserpun karena tiket masuk ke pantai ini bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma.

3.Sijukjuk Hill

Tak banyak diketahui orang, tempat wisata ini terbilang cukup sepi sehingga cocok dikunjungi oleh orang-orang yang tidak menyukai keramaian. Kamu bisa membawa keluarga atau sahabat untuk berpiknik di sana.

Sijukjuk Hill menawarkan pemandangan danau yang cantik dari atas bukit dengan dikelilingi oleh pepohonan pinus. Lokasinya tak jauh dari danau Toba atau tepatnya berada di Desa Boho, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir.

Untuk mendatangi Sijukjuk Hill, kamu bisa melalui Pangururan. Rutenya terbilang cukup menantang, sehingga kamu perlu mempersiapkan kendaraan dengan sebaik mungkin sebelum menuju ke Sijukjuk Hill.

Harga tiket masuknya hanya sebesar Rp5.000 per orang. Akan tetapi, kamu akan dikenai tarif sebesar Rp10.000 jika berkemah di sana.


4.Pulau Sibandang

Selain di Sijukjuk Hill, kamu juga bisa membawa keluarga atau sahabat-sahabatmu untuk berkemah di Pulau Sibandang. Lokasinya berada tak jauh dari Danau Toba atau tepatnya di Kecamatan Muara, Tapanuli Utara.

Maka dari itu, kamu akan disajikan dengan pemandangan danau Toba di pulau tersebut. Selain danau, terdapat pantai berbatu dan pertunjukan budaya yang bisa kamu kunjungi di Pulau Sibandang.

Di Pulau Sibandang, terdapat situs-situs bersejarah, seperti rumah kuno kediaman Raja Gukguk dan Partukkoan.
Untuk menuju ke desa wisata ini, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari bandara Silangit.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: