952.000 Warga Sumut Terdampak PPKM Akan Terima Bantuan Beras 10 Kg

Stepanus Purba ยท Rabu, 21 Juli 2021 - 13:13:00 WIB
952.000 Warga Sumut Terdampak PPKM Akan Terima Bantuan Beras 10 Kg
Bulog menyalurkan bantuan beras 10 kg per keluarga terdampak PPKM. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Kementerian Sosial bekerja sama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) akan menyalurkan bantuan 10 kg beras kepada 952.000 masyarakat di Sumatera Utara (Sumut). Bantuan tersebut akan disalurkan melalui PT Pos indonesia di masing-masing daerah. 

Kepala Perum Bulog Sumut Arif Mandu mengatakan penyaluran bantuan beras tersebut merupakan instruksi Presiden Jokowi untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Indonesia.

“Di Sumut ada 952.000 keluarga penerima manfaat 10 kg beras,” kata Arif usai rapat koordinasi bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayad, Rabu (21/7/2021). 

Arif mengatakan pihaknya ditugaskan untuk menyiapkan bantuan beras. Sementara data untuk penerima manfaat berasal dari Kementerian Sosial. 

"Untuk penyaluran akan dibantu oleh PT Pos Indonesia," kata Arif Mandu. 

Sementara itu, Kepala Regional PT Pos Indonesia Dino Ariadi mengatakan penyaluran bantuan beras ini ditargetkan akan selesai dalam 30 hari ke depan. Proses penyaluran beras akan dimulai Kamis (22/7/2021) dan diluncurkan langsung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. 

"Kami diberikan waktu 30 hari tapi kami harapkan sebelum 30 hari bisa selesai,” kata Dino.

Dino mengatakan pihaknya optimistis penyaluran bantuan beras tersebut bisa berjalan lancar meski bersamaan dengan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) kepada masyarakat. PT Pos akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota dalam hal ini Dinas Sosial untuk penyaluran ini.

“Sebenarnya secara teknis tidak terlalu bermasalah,” ujarnya. 

Editor : Stepanus Purba