5 Fakta Tawuran Mencekam di Medan Berujung Penjarahan, Nomor 2 Bikin Iba dan Geram

Yudha Bahar · Rabu, 21 Juli 2021 - 12:57:00 WIB
5 Fakta Tawuran Mencekam di Medan Berujung Penjarahan, Nomor 2 Bikin Iba dan Geram
Tangkapan layar saat kekacauan dan aksi pembakaran dalam tawuran warga di Medan Belawan, Rabu (21/7/2021) dini hari menjelang subuh. (Foto: iNews/Yudha Bahar)

MEDAN, iNews.id - Peristiwa tawuran untuk ke sekian kali terjadi di Kota Medan, Sumatra Utara. Kali ini melibatkan kelompok remaja dari Kelurahan Belawan Bahari dengan pemuda asal Young Panah Hijau, Rabu (21/7/2021) dini hari menjelang subuh. 

Tawuran bak perang ini berlangsung penuh kekacauan. Kedua kelompok saling melempar batu, membawa senjata tajam hingga bom molotov. 

Bahkan kerusakan yang ditimbulkan cukup besar, yakni puluhan rumah warga dan kios yang berada di sekitar lokasi kejadian rusak, beberapa dibakar dan dijarah.

Berikut sejumlah fakta yang dirangkum iNews terkait tawuran warga di Belawan Bahari, Kota Medan, Rabu (21/7/2021).

1. Dendam Diduga Menjadi Pemicu

Tawuran dua kelompok warga yang rata-rata masih di bawah umur ini diduga berlatar belakang dendam. Sebelumnya, antara kelompok remaja ini sudah beberapa kali terlibat tawuran, bahkan hampir terjadi setiap malam.

Dalam rekaman yang beredar, mereka tawuran dengan menggunakan batu, kayu, bom molotov hingga sajam.

2. Puluhan Kios Rumah Dirusak dan Dijarah

Tawuran ini berujung perusakan dan penjarahan kios serta rumah warga. Mereka masuk ke kios warga dan merusak barang-barang jualan yang berada di lokasi. 

Sementara untuk barang berharga, dibawa kabur, seperti peralatan elektronik, uang hingga tabung elpiji dan kompor.

"Lemari saya dibongkar, perhiasan dan uang Rp4 juta hilang. Mereka bukan hanya tawuran tapi ini sudah penjarahan," ujar Rosmiati, pemilik kios bakso, Rabu (21/7/2021).

Para pedagang hanya bisa menangis lantaran mereka harus menerima kenyataan pahit tersebut di tengah kondisi PPKM darurat dan ekonomi yang sulit akibat pandemi Covid-19.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2