Akhyar Nasution Akan Tarik E-KTP Warga yang Bandel Keluar Rumah Tanpa Masker

Stepanus Purba ยท Sabtu, 02 Mei 2020 - 16:41 WIB
Akhyar Nasution Akan Tarik E-KTP Warga yang Bandel Keluar Rumah Tanpa Masker
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id- Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution akan menarik e-KTP warga yang nekat keluar rumah tanpa menggunakan masker. Sanksi admintratif ini akan diterapkan usai diterbitkannya Peraturan Wali Kota (Perwal) Karantina Kesehatan.

"Bagi warga yang masih membandel tidak menggunakan masker ketika keluar rumah, Pemko Medan kini sudah dapat menerapkan sanksi berupa penarikan KTP," kata Akhyar, Sabtu (2/5/2020).

Menurutnya, pemko telah menyalurkan masker secara serentak kepada warga Kota Medan. Dengan pembagian ini, diharapkan tidak ada lagi warga yang melanggar aturan tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Harapan kami, masyarakat sadar dan memahami pentingnya menggunakan masker dalam memutus mata rantai Covid-19 di Kota Medan agar tidak semakin meluas," ucapnya.

Akhyar juga mengingatkan kepada pengusaha kuliner untuk tidak melayani pemesanan makanan di tempat.

"Pengusaha kuliner agar hanya melayani pemesanan take away maupun melalui aplikasi pesanan online. Jika ditemukan pengusaha yang masih menyediakan meja dan kursi serta memfasilitasi makan di tempat, kami ada sanksi pencabutan izin usaha," ujarnya.

Selanjutnya, Akhyar memaparkan mengenai akan diberlakukannya karantina rumah bagi warga yang masuk kategori pelaku perjalanan (PP), orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP) serta pasien dalam pengawasan (PDP) ringan.

"Karantina rumah sakit diberlakukan bagi warga yang masuk kategori PDP berat serta pasien positif Covid-19," kata Akhyar.


Editor : Stepanus Purba