Perwal Karantina Kesehatan Berlaku, Warga Kota Medan Dicek Suhu Tubuh

Stepanus Purba ยท Jumat, 01 Mei 2020 - 09:49:00 WIB
Perwal Karantina Kesehatan Berlaku, Warga Kota Medan Dicek Suhu Tubuh
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution. (Foto: Antara)

MEDAN, iNews.id - Peraturan Wali Kota (Perwal) Karantina Kesehatan dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-2019 di Kota Medan resmi diberlakukan mulai Jumat (1/5/2020) hari ini. Salah satu langkah yang dilakukan Pemko Medan sejak diberlakukan Perwal yakni dengan pengecekan suhu tubuh warga Kota Medan.

Selain itu, pemberlakuan cluster isolation melalui karantina rumah dan karantina rumah sakit juga akan berlakukan. Tak hanya itu, warga diwajibkan menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah.

Pemko Medan juga akan melakukan pengecekan suhu tubuh warga Kota Medan. Jika ditemukan warga yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat, maka akan diminta warga tersebut mengisolasi diri.

"Isolasinya bisa dalam bentuk karantina di rumah maupun karantina rumah sakit," kata Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Jumat (1/5/2020).

Adapun karantina rumah diberlakukan bagi warga yang masuk kategori pelaku perjalanan (PP), orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP) serta pasien dalam pengawasan (PDP). Selama menjalani karantina rumah, Pemko Medan akan memberikan hak hidup yang standard dan layak sesuai kemampuan yang ada.

“Selama menjalani karantina rumah, mereka akan dijaga agar tidak keluar rumah, termasuk tidak menerima tamu. Maksimal karantina dua kali masa inkubasi. Sedangkan karantina rumah sakit, diberlakukan bagi PDP berat dan warga yang positif terpapar Covid-19,” ucapnya.

Akhyar menegask bahwa pihaknya juga sudah menyiapkan sanksi administratif hingga sanksi hukum bagi para pelanggar Perwal.

"Ada sanksi yang bersifat administratif dan hukum yang ditangani pihak kepolisian," ucapnya.

Akhyar selanjutnya mengungkapkan, meski Perwal Karantina Kesehatan diberlakukan warga tetap diperbolehkan berusaha seperti berjualan tapi dengan sistem take away.

"Kemudian wajib menjaga kebersihan lingkungan, melakukan disinfeksi secara berkala dan melarang yang masuk tanpa mengenakan masker. Di samping itu juga menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir," ujar Akhyar.

Dengan diberlakukannya Perwal Akhyar menegaskan Pemko Medan tidak lagi sekedar melakukan himbauan terhadap masyarakat.

"Sebab, sudah sudah ada regulasi untuk menindak tegas masyarakat yang tidak mengindahkan maupun melaksanakan perwal tersebut," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba